Soroti Bangkai Tikus Sisa Banjir, Menkes Ingatkan Pes dan Leptospirosis

ADVERTISEMENT

Soroti Bangkai Tikus Sisa Banjir, Menkes Ingatkan Pes dan Leptospirosis

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 02 Jan 2020 15:31 WIB
Bangkai tikus di lokasi banjir yang disorot Menkes Terawan (Foto: Khadijah Nur Azizah/detikHealth)
Jakarta - Banjir di beberapa titik sudah mulai surut. Banyak masyarakat yang mulai membersihkan area rumahnya.

Saat meninjau ke salah satu lokasi, Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto, mengimbau agar masyarakat harus sangat berhati-hati membersihkan area di sekitar rumah mereka karena banyak sekali ditemukan bangkai tikus.

"Ini lho banyak bangkai tikus segala. Tikus di mana-mana, lihat," kata Menkes Terawan di daerah Jati Asih, Bekasi Selatan, Kamis (2/1/2020).

"Kita bisa lah melihat banyak bangkai tikus, bangkai hewan, dan itu bisa berdampak dan menjadi wabah penyakit. Terutama kita lihat dari bangkai tikus itu pes, lepto (leptospirosis atau penyakit kencing tikus)," lanjut Menkes.



Pes atau samplar adalah penyakit menular dari hewan (zoonosis) yang disebabkan oleh bakteri Yersinia pestis. Bila tertular gejala yang ditimbulkan biasanya adalah demam tinggi, menggigil, dan bila semakin parah dapat menghilangkan nyawa. Sementara Leptospirosis atau penyakit kencing tikus bisa menular melalui permukaan kulit yang terluka.

"Kita sudah mulai menilai hal-hal yang akan mengancam kesehatan masyarakat yang terdampak banjir di kemudian hari. Bukan hanya sekarang, tadi kita juga lihat betul di lapangan saat mereka melakukan pembersihan," pungkas Menkes.



Simak Video "Seputar Kabar Gadis Bisa Jalan Lagi Usai Disuntik Vaksin Nusantara"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT