Jumat, 03 Jan 2020 08:31 WIB

7 Cara Mengatasi Pilek Bayi, Sebab Flu Bisa Datang Usai Banjir

Tasya Awlia - detikHealth
Foto: iStock. Cara mengatasi pilek pada bayi. Foto: iStock. Cara mengatasi pilek pada bayi.
Jakarta - Usai banjir, flu bisa menyerang siapa saja. Termasuk anak-anak balita yang sistem daya tahan tubuhnya masih dalam proses penyempurnaan. Perhatikan cara mengatasi pilek bayi berikut ini jika si kecil terkena flu.

Pilek ditandai dengan keluarnya cairan bening dari hidung. Jika pilek berlangsung lama akan menghambat dan mengganggu pernapasan si kecil. Berikut ini 7 Cara Mengatasi Pilek Bayi :



1. Minum Banyak Cairan


Minum banyak cairan yang dapat menghangatkan tubuh si kecil, dan membuat tubuhnya berkeringat. Sehingga ingus yang berada di hidung dapat keluar, dan membuat nafas si kecil menjadi lebih lega. Air hangat yang dicampur dengan madu, bisa menjadi pilihannya.


2. Gunakan Pelembab Udara


Menggunakan pelembab udara menjadi salah satu cara untuk mengatasi pilek si kecil. Pelembab udara yang hangat, akan membuat udara di dalam ruangan hangat sehingga lendir yang berada di hidung akan keluar secara perlahan.


3. Obat Semprot Hidung


Obat semprot hidung atau saline, berfungsi untuk mengurangi produksi lendir dari tubuh yang membuat sumbatan di hidung. Caranya baringkan si kecil ketika menggunakan obat ini, lalu semprotkan sebanyak 2-3 kali, lendir akan keluar bersamaan dengan bersin atau batuk.


4. Gunakan Alat Penyedot Ingus


Alat penyedot ingus atau bulb syringe, digunakan ketika ingus tidak juga keluar setelah diberikan obat semprot atau saline. Alat penyedot ingus ini berfungsi, untuk mempercepat ingus keluar dari hidung, dengan begitu akan memudahkan si kecil bernafas. Cara ini bisa digunakan pada bayi yang umurnya masih 5 bulan.


5. Atur Posisi Tidur


Posisi tidur yang baik akan membantu si kecil, agar bisa leluasa bernafas. Caranya dengan membuat posisi kepala lebih tinggi dari badan. Posisi ini juga membuat lendir tidak menggumpal di hidung.


6. Memijat Hidung Bayi


Memberikan pijatan yang lembut pada hidung si kecil, akan melegakan hidung yang tersumbat. Pijatan yang lembut juga akan mengeluarkan lendir yang terdapat di dalam hidung bayi.


7. Tidur


Tidur menjadi perawatan yang utama, dalam mengatasi pilek pada si kecil. Memastikannya untuk banyak beristirahat atau tidur yang cukup, pastikan si kecil banyak istirahat ketika pilek.


Itulah cara mengatasi pilek bayi yang bisa dilakukan oleh orang tua. Jika pilek tidak kunjung sembuh dalam seminggu dan sudah disertai dengan batuk dan badan panas, sebaiknya memeriksakan langsung ke dokter..






Simak Video "Kemenkes RI Sebut Belum Ada Vaksin untuk Virus Corona China"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)