Sabtu, 04 Jan 2020 08:16 WIB

Apakah Minum Air Dingin usai Bangun Tidur Berbahaya?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ada orang yang suka minum air dingin usai bangun tidur. (Foto: iStock)
Jakarta - Minum air dingin usai bangun tidur rasanya segar dan membantumu untuk cepat melek. Namun sebagian orang berpendapat, meminum air dingin tidak baik untuk kesehatan jangka panjang.

Pendapat tersebut disertai anggapan seperti air dingin dapat membuat perut berkontraksi, menjadikannya sulit mencerna makanan nantinya. Atau ada yang percaya bahwa tubuh akan sulit mempertahankan suhu tubuh normal (37 derajat celcius) jika minum air dingin. Benar atau salah?

Dikutip dari Healthline, minum air dingin memang bisa berdampak pada tubuh dengan cara yang tidak kamu duga sama sekali. Dalam satu studi yang melibatkan 15 orang, ditemukan bahwa minum air dingin membuat lendir hidung menjadi kental dan sulit melewat saluran pernapasan.

Sebagai perbandingan, mereka juga menemukan bahwa air hangat dan sup ayam membantu orang bernapas lebih mudah. Maka dari itu, seringnya ketika kita demam atau flu, kita akan diminta untuk meminum minuman hangat, karena air dingin dianggap akan membuatnya lebih buruk.


"Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa diperburuk oleh air dingin. Minum air dingin dikaitkan dengan memicu migrain pada orang yang telah mengalaminya. Nyeri ini terkait dengan achalasia, kondisi yang membatasi kemampuan tubuh untuk melepaskan makanan melewati esofagus, yang bisa diperburuk saat kamu meminum air dingin sambil makan," tulis situs tersebut.

Akan tetapi, minum air dingin juga punya manfaat tersendiri. Misalnya saat berolahraga, air dingin dapat membantu tubuhmu untuk tidak terlalu kepanasan dan membantu sesi olahragamu lebih sukses. Hal ini mungkin disebabkan meminum air dingin bisa membantu tubuh untuk menjaga temperatur inti tubuh bagian bawah.

Bagaimana dengan yang meminumnya langsung sesaat setelah bangun tidur sebagai tujuan untuk menurunkan bobot? Meminum air baik untuk pencernaan dan menjaga berat badan ideal, mau air yang dingin sekalipun, bahkan yang dingin bisa membantu membakar sejumlah kalori ekstra karena tubuh berusaha untuk menjaga suhu tubuh ideal.

Kesimpulannya, air dingin tidak berbahaya jika diminum langsung setelah bangun tidur, namun singkirkan pilihan tersebut apabila kamu memiliki kondisi tertentu yang bisa dipicu air dingin, salah satunya migrain.



Simak Video "Benarkah Penderita Maag Tidak Boleh Minum Air Dingin?"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)