Sabtu, 04 Jan 2020 15:00 WIB

Mantan Istri Sule Pernah Sakit Lambung, Bisa Sebabkan Serangan Jantung?

Firdaus Anwar - detikHealth
Mantan istri sule pernah sakit lambung, bisa sebabkah serangan jantung? Foto: (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Jakarta - Mantan istri pelawak Sule, Lina, sebelumnya dikabarkan meninggal dunia karena serangan jantung. Abdurrahman T Pratomo sebagai kuasa hukum menjelaskan lebih jauh bahwa Lina sebelumnya punya riwayat sakit lambung.

"Posisinya sih tidak seperti itu ya (bukan jantung). Jadi, itukan yang jelas lambung sama darah tinggi. Mungkin kalau memang itu (jantung), rekam medisnya kita nggak tahu. Cuma kabarnya seperti itu," jelas Abdurrahman saat dihubungi, Sabtu (4/1/2020).


Apa hubungan sakit lambung dan serangan jantung? Beberapa ahli menjelaskan bahwa dua kondisi memang sering membuat keliru orang awam karena gejalanya hampir sama.

"Gejalanya memang sulit dibedakan," kata ahli jantung dan pembuluh darah dr Dicky A. Hanafi, SpJP, beberapa waktu lalu seperti dikutip dari CNN Indonesia.

"Kalau ada serangan jantung bagian bawah, memang bisa terasa seperti sakit lambung, misalnya begah atau kembung karena letaknya memang berdekatan," lanjutnya.

Apa yang membedakan serangan jantung dan sakit lambung biasa menurut dr Bambang Dwi Putra, SpJP, dari RS Pusat Jantung Harapan Kita bisa dilihat dari gejala yang menyertai. Saat seseorang mengalami nyeri yang disebabkan penyakit jantung ia juga bisa mengalami gejala penyerta yang lain seperti tubuh tiba-tiba berkeringat.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)