Minggu, 05 Jan 2020 07:00 WIB

Berapa Biaya Cleaning Service untuk Bersih-bersih Rumah Pascabanjir?

Meytha Cahyasari, Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jangan malas bersihkan rumah agar terhindar dari penyakit. (Foto: iStock)
Jakarta - Usai banjir melanda daerah Jabodetabek, warga kini sibuk membersihkan rumah dari sisa kotoran lumpur dan sampah. Tak semua warga mungkin bisa menyempatkan waktu dan tenaga untuk melakukannya sehingga lebih memilih menggunakan jasa cleaning service.

Beberapa penyedia layanan jasa mengaku ada peningkatan orderan usai banjir surut. Ela dari perusahaan jasa cleaning service Fazz Clean misalnya menyebut sampai harus membuat waiting list karena terjadi peningkatan permintaan jasa hingga 50 persen.


Berapa kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk menggunakan jasa ini? Jawabannya bervariasi tergantung dari besar rumah dan objek yang dibersihkan.

CEO Layanan cleaning service KliknClean, Hendra, memberi contoh ia memasang tarif sekitar Rp 1-2 jutaan. Sementara itu untuk membersihkan furnitur seperti sofa atau kasur saja tarifnya mulai dari Rp 35 ribu sampai Rp 300 ribu.

"Membersihkan rumah biasa bukan karena banjir biayanya 45 ribu per jam tapi beda karena sekarang banjir kita membuat 3 promosi untuk paket membersihkan rumah," ujar Hendra saat dihubungi detikcom dan ditulis Minggu (5/1/2020).



Simak Video "Video Kuburan Massal Jenazah Terinfeksi Virus Corona di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)