Minggu, 05 Jan 2020 08:01 WIB

Ingat! Gejala Sakit Jantung yang Begini Kerap Disangka Nyeri Lambung

Firdaus Anwar - detikHealth
Proses pemakaman Lina, mantan istri Sule. Foto: (Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Jakarta - Mantan istri pelawak Sule, Lina, meninggal dunia pada Sabtu (4/1/2020) lalu. Awalnya, ibu dari penyanyi Rizky Febian itu dikabarkan meninggal karena serangan jantung tetapi kemudian sang anak mengatakan itu tak benar.

"(Sakit apa) Cuma itu balik lagi ke Allah, jadi bukan penyakit jantung" kata Rizky.

Spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, mengatakan banyak pasien yang kerap salah mengartikan sakit lambung dengan gejala serangan jantung. Meski sudah diperiksa, beberapa orang kerap salah mengartikan gejala sakit jantung dengan nyeri lambung.

"Saya kemarin juga baru dapat pasien keluhannya nyeri ulu hati, keringat dingin, dan dia bilang dia sakit lambung. Nah tapi dari EKG dan pemeriksaan enzim jantung arah diagnosisnya malah ke arah serangan jantung," kata dr Vito saat dihubungi detikcom, Sabtu (4/1/2020).


Gejala seperti sakit lambung dan kejang-kejang disertai dengan keringat dingin memang umumnya tanda-tanda serangan jantung. Sebab, keluhan seperti nyeri ulu hati bukan penyebab utama seseorang meninggal mendadak.

"Sakit lambung saja harusnya tidak menyebabkan kematian mendadak. Orang bisa meninggal mendadak secara alami penyebabnya antara serangan jantung, stroke atau diseksi aorta," papar dr Vito.

Membedakan gejala serangan jantung dengan sakit lambung memang sulit. Jika seseorang mengalami serangan jantung bagian bawah, awalnya pasien akan merasa begah dan kembung sehingga kondisinya kerap salah diartikan.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/fds)