Minggu, 05 Jan 2020 15:03 WIB

Medina Zein Idap Bipolar, Bisakah Penyakitnya Disembuhkan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Bisakah gangguan bipolar seperti diidap Medina Zein disembuhkan? Foto: Thinkstock
Jakarta - Medina Zein menjalani rehabilitasi setelah tertangkap tangan mengonsumsi narkoba amfetamin. Menurut pengakuannya, amfetamin ia konsumsi sebagai obat bipolar atas resep dokter. Medina Zein menuturkan ia mengidap penyakit bipolar sejak tahun 2016.

"Saya mengidap bipolar dari 2016, tapi memang genetik. Jadi sebelumnya ibu saya juga terkena bipolar," kata Medina Zein saat jumpa pers di Polda Metro Jaya, Jumat (3/1/2020).

Bipolar adalah gangguan mood jangka panjang yang dapat mempengaruhi cara berpikir, perasaan, bahkan perilaku seseorang. Mengutip WebMD, penyakit bipolar menurut beberapa ahli tak bisa disembuhkan namun masih dapat dikontrol untuk mengelola gejalanya.


Tanpa pengobatan, gangguan bipolar dapat menyebabkan episode suasana hati yang tidak biasa dan sering berubah. Orang yang mengidap kondisi bisa mengalami episode maniak dan depresi.

Bipolar tentu dapat dikontrol dengan obat seperti penstabil suasana hati, antipsikotik, dan kebanyakan juga diberi antidepresan. Semua obat ini harus diperoleh dengan resep dokter.

Manajemen jangka panjang atau pengobatan bipolar tak hanya dengan obat-obatan saja. Seseorang yang mengidap bipolar juga harus mampu mengatur emosi dengan cara:

- Membangun hubungan positif
- Makan makanan yang sehat
- Cukup tidur
- Sering berolahraga



Simak Video "Pedoman Terbaru Kontak Dekat dengan Pasien COVID-19 Menurut CDC"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)