Minggu, 05 Jan 2020 18:01 WIB

Penyebab Kejang, Seperti Dialami Lina Mantan Istri Sule Sebelum Tutup Usia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Lina, mantan istri Sule. Foto: Instagram/@putridelinaa
Jakarta - Lina, mantan istri pelawak Sule meninggal dunia. Sebelum tutup usia, Lina dikabarkan mengalami kejang-kejang.

"Setelah salat subuh kemudian mamah kejang-kejang, tiba-tiba mamah sudah pingsan di kasur dan ternyata pas dibawa ke rumah sakit dalam perjalanan udah nggak ada," tutur sang anak, Rizky Febian, saat ditemui di rumah duka, Sabtu (4/1/2020).

Kejang adalah kondisi yang timbul karena adanya gangguan aktivitas listrik pada otak yang tiba-tiba dan tak terkendali. Kejang dapat menyebabkan perubahan dalam perilaku, gerak, perasaan, atau tingkat kesadaran seseorang.

Gejala kejang yang parah termasuk goncangan hebat dan kehilangan kendali. Namun kejang ringan juga bisa menjadi tanda masalah medis yang signifikan.


Berikut berbagai penyebab kejang seperti dikutip dari berbagai sumber.

- Demam tinggi
- Kurang tidur
- Hiponatremia
- Konsumsi antidepresan
- Trauma kepala
- Tumor otak
- Stroke
- Hipertensi

Spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, menuturkan kejang-kejang juga bisa menjadi tanda serangan jantung.

"Kejang bisa jadi salah satu gejala ketika seseorang serangan jantung. Hal tersebut terjadi saat cardiac arrest (henti jantung) atau ketika ada aritmia yaitu gangguan irama jantung berat saat serangan jantung," kata dr Vito beberapa waktu lalu.

Selain itu, ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab kejang. Namun jika kejang berlanjut berulang kali setelah masalah yang mendasarinya diobati, kemungkinan seseorang mengalami kondisi epilepsi.



Simak Video "Mengenal Gejala GERD yang Dikaitkan dengan Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/frp)