Senin, 06 Jan 2020 07:04 WIB

Ria Irawan Meninggal, Begini Perjuangannya Berjibaku Melawan Kanker

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Ria Irawan meninggal dunia setelah bertahun-tahun berjibaku melawan kanker (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta - Kabar duka datang dari aktris senior Ria Irawan. Setelah bertahun-tahun berjibaku melawan kanker, Ria akhirnya tutup usia dalam perawatan di RS Cipto Mangunkusumo.



Perjuangan Ria melawan kanker dimulai pada 2014 ketika ia kedapatan mengidap kanker getah bening usai menjalani pengangkatan rahim yang menebal. Kala itu, kondisi kanker yang diidapnya sudah mencapai stadium 3.

Setelah menjalani perawatan, Ria sempat dinyatakan 'sembuh' dan bersih.



Bagaimanapun, kanker tidak pernah benar-benar 'sembuh'. Sel kanker yang bersembunyi di dalam tubuhnya muncul lagi pada 2016, sehingga harus menjalani kemoterapi.

Sejak saat itu, kanker yang diidap Ria mulai timbul-tenggelam dan bahkan mengalami metastase atau metastasis, alias menyebar. Terakhir, ditemukan tumor di kepalanya.

"Karena ada tumor didalam kepala,yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan, akhirnya saya harus belajar pelan-pelan berbicara dengan baik," tulis Ria di media sosialnya, pada September 2019.

Kabar meninggalnya Ria Irawan dibenarkan oleh kakaknya, Dewi Irawan. Saat ini jenazah masih ada di RSCM dan akan disemayamkan di rumah duka, di kawasan Lebih Bulus.



Simak Video "Pentingnya Peran Keluarga Dalam Dampingi Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)