Senin, 06 Jan 2020 07:35 WIB

Diidap Ria Irawan Sebelum Wafat, Apa Itu Kanker Kelenjar Getah Bening?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ria Irawan tutup usia usai berjuang lawan kanker kelenjar getah bening. Foto: Instagram @mayk_wongkar
Jakarta - Aktris senior Ria Irawan dikabarkan menghembuskan napas terakhir di RS Cipto Mangunkusumo. Ria diketahui telah bertahun-tahun melawan kanker kelenjar getah bening, yang diketahui terakhir mengalami penyebaran atau metastase ke otak.

Kabar duka itu pun dibenarkan oleh sang kakak, Dewi Irawan.

"Iya (meninggal dunia)," ucap Dewi Irawan kepada detikcom, Senin (6/1/2020).


Kanker kelenjar getah bening dikenal juga sebagai limfoma, yakni kanker ganas yang berkaitan dengan sistem limfatik. Penyakit ini mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, demikian dikutip dari situs WebMD.

Kanker yang menyerang kelenjar ini bermula dari limfosit, yakni sel-sel pelawan infeksi yang tergabung dalam sistem kekebalan tubuh kita. Sel-sel ini berada di kelenjar-kelenjar getah bening, limpa, kelenjar timus, sumsum tulang, dan beberapa bagian tubuh. Limfosit akan tumbuh tak terkendali dan berubah.

Hingga kini, penyebab dari kanker kelenjar getah bening masih belum diketahui. Namun ada beberapa faktor risiko seperti usia, jenis kelamin (lebih banyak pria daripada wanita), memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah dari penyakit seperti HIV/AIDS atau penyakit imun, riwayat keluarga, atau terpapar kimia seperti insektisida.



Simak Video "BNPB Minta Ulama-Tokoh Publik Bantu Kampanye soal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)