Senin, 06 Jan 2020 08:32 WIB

Seperti Ria Irawan, 4 Tokoh Ini Juga Lawan Kanker Kelenjar Getah Bening

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ria Irawan. Foto: Pingkan Anggraini
Jakarta - Setelah didiagnosis kanker kelenjar getah bening pada tahun 2014, aktris senior Ria Irawan dikabarkan meninggal dunia. Ia berjuang melawan penyakit tersebut dan menjalani perawatan, hingga sempat dinyatakan 'sembuh' dan bersih.

Akan tetapi, sel kanker tersebut kembali muncul pada 2016, sehingga harus menjalani kemoterapi. Sejak saat itu, kanker yang diidap Ria mulai timbul-tenggelam dan bahkan mengalami metastase atau penyebaran sampai ditemukan tumor di otaknya.

"Karena ada tumor didalam kepala,yg mengakibatkan saraf bicara saya tertekan, akhirnya saya harus belajar pelan-pelan berbicara dengan baik," tulis Ria di media sosialnya, September 2019 lalu.

Sama seperti Ria Irawan, empat tokoh di Indonesia ini juga sempat berjuang melawan kanker kelenjar getah bening:


1. Arifin Ilham

Pengasuh Pondok Pesantren Az-Zikra tersebut meninggal dunia meninggal pada Mei 2019. Selama hidupnya, ia mengidap beberapa penyakit, seperti kanker kelenjar getah bening, infeksi paru, dan kanker nasofaring.

Untuk kanker kelenjar getah bening yang diidapnya sejak Desember 2018, Arifin Ilham telah menjalani kemoterapi dan dinyatakan telah sembuh. Namun pada awal Januari 2019, ia kembali masuk ke rumah sakit.

2. Olga Syahputra

Komedian Olga Syahputra disebut-sebut terdiagnosis kanker kelenjar getah bening di penghujung hidupnya. Namun diketahui, selama hidupnya Olga sempat mengidap penyakit meningitis.

Setelah menjalani perawatan selama setahun, Olga menghembuskan napas terakhirnya pada 27 Maret 2015 di Singapura.

3. Aldi Taher

Pemain film Aldi Taher juga terdiagnosis kanker kelenjar getah bening pada tahun 2016 lalu. Diceritakannya, ia menyadarinya setelah merasa pegal di leher dan menemukan benjolan kecil yang tidak terlalu terlihat namun bila ditekan dengan jari akan terasa. Kemudian istrinya saat itu mendorong ia untuk memeriksakan ke dokter.

Kini Aldi Taher dinyatakan sembuh dan kerap menjadi pembicara untuk membagi kisah inspiratif melawan kanker.

4. Valentinus Nahak

Atlet tinju amatir Bali, Valentinus Nahak harus berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening. Valentinus pun sempat dinyatakan sehat namun ternyata kondisinya justru kian memburuk.

Menurut Julio Bria, kakak kandung Valentinus Nahak, tubuh sang adik hanya tinggal tulang dan kulit saja karena digerogoti kanker. Kondisi fisik Valentinus tampak lemah dan semakin kurus. Berbeda dengan kelincahannya saat masih bermain tinju. Pada akhirnya Valentinus menghembuskan nafas terakhir awal Agustus lalu.



Simak Video "Video Kuburan Massal Jenazah Terinfeksi Virus Corona di New York"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)