Senin, 06 Jan 2020 09:27 WIB

Konsumsi Vitamin C Terlalu Banyak, Adakah Efek Sampingnya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Terlalu banyak Vitamin C, adakah efek sampingnya? (Foto: shutterstock) Terlalu banyak Vitamin C, adakah efek sampingnya? (Foto: shutterstock)
Jakarta - Mendapatkan cukup vitamin tentu sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat. Asupan vitamin yang cukup juga berperan penting untuk penyembuhan luka, menjaga tulang tetap kuat, bahkan meningkatkan fungsi otak.

Suplemen vitamin C misalnya salah satu jenis yang sering dikonsumsi orang-orang karena dianggap baik dalam menjaga daya tahan tubuh. Tapi apakah mungkin mengonsumsi terlalu banyak vitamin C bisa berakibat buruk bagi tubuh?


Dikutip dari Healthline, terlalu banyak mengonsumsi vitamin C rupanya dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Secara umum efek samping ini tidak terjadi dari bahan makanan yang mengandung vitamin C, melainkan dari konsumsi vitamin dalam bentuk suplemen. Gejala gangguan pencernaan dari asupan vitamin C yang berlebihan bisa menyebabkan diare dan mual.

Jika kamu mengalami masalah pencernaan akibat mengonsumsi terlalu banyak vitamin C, cukup kurangi dosis suplemen yang sedang dikonsumsi.

Semua efek buruk vitamin C, termasuk gangguan pencernaan dan batu ginjal, terjadi ketika orang meminumnya dalam dosis besar lebih dari 2.000 mg. Jika kamu memilih untuk mengonsumsi suplemen vitamin C, solusi terbaik adalah mengonsumsinya tidak lebih dari 100% kebutuhan harian, yaitu 90 mg per hari untuk pria dan 75 mg per hari untuk wanita.



Simak Video "Catet! Hotline Kemenkes Soal Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/fds)