Senin, 06 Jan 2020 10:16 WIB

5 Fakta Kanker Kelenjar Getah Bening, Penyakit yang Diidap Mendiang Ria Irawan

Firdaus Anwar - detikHealth
Ria Irawan semasa hidup berjuang melawan kanker kelenjar getah bening (Foto: Hanif Hawari/detikHOT)
Jakarta - Aktris Ria Irawan meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) pada hari Senin (6/1/2020). Kabar ini dikonfirmasi oleh sang kakak, Dewi Irawan.

"Iya (meninggal dunia)," ucap Dewi Irawan kepada detikcom.

Ria Irawan diketahui bertahun-tahun berjuang melawan penyakit kanker kelenjar getah bening. Dari mulai pertama kali didiagnosis tahun 2014, sempat sembuh, hingga terakhir pada tahun 2019 penyakitnya datang kembali dan kali ini ditemukan tumor di otak.

Sebenarnya apa sih penyakit kanker kelenjar getah bening itu? Berikut fakta-faktanya:



1. Jenis kanker darah

Kanker kelenjar getah bening disebut juga sebagai limfoma dan termasuk salah satu jenis kanker darah. Limfoma adalah jenis kanker yang berawal dari sel-sel yang disebut limfosit (sel darah putih). Pada kejadian kanker, limfosit berkembang lebih cepat dan hidup lebih lama dibandingkan limfosit normal.

2. Pembengkakan jadi ciri khas

Gejala paling umum dari penyakit ini adalah timbulnya pembengkakan atau benjolan pada kelenjar getah bening. Biasanya tidak menimbulkan sakit, tapi beberapa kasus menunjukkan munculnya rasa sakit.

Bagian-bagian tubuh yang kerap dilaporkan muncul benjolan atau pembengkakan akibat kanker kelenjar getah bening antara lain leher, ketiak, dan pangkal paha.

3. Faktor risiko

Umumnya limfoma lebih berpeluang muncul pada pasien yang memiliki sistem kekebalan tubuh atau imun yang rendah. Selain itu limfoma juga lebih mungkin dialami oleh seseorang yang memiliki berat badan berlebih alias obesitas. Terlebih jika pola makan orang tersebut tak sehat, misalnya terlalu sering mengonsumsi gorengan atau daging merah.

"Bisa juga lebih dialami oleh orang yang memiliki riwayat kanker di keluarganya. Meskipun demikian, bukan berarti orang dengan limfoma pasti akan menurunkan kondisi ini kepada keturunannya, ini belum ada bukti ilmiah yang mendukung," kata Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, dari RSCM beberapa waktu lalu.

4. Mudah menyebar

Ahli hematologi onkologi medik dr Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM, mengatakan kanker kelenjar getah bening punya sifat khas yang membedakannya dengan jenis kanker lain. Sel kanker yang sudah memasuki sistem limfoma biasanya lebih mudah memasuki sistem lain, misal tulang dan otot.

5. Kanker tak 'sembuh'

Ketika Ria Irawan sempat dinyatakan sembuh, sebetulnya menurut ahli penyakit kanker tak bisa disebut benar-benar sembuh. Apa yang sering disebut 'sembuh' dijelaskan oleh Prof Dr dr Soehartati, SpRad, Onk.Ra adalah kondisi terkontrol lewat serangkaian terapi.

"Hingga saat ini agak sulit untuk mengatakan sembuh," jelas dr Soehartati beberapa waktu lalu.

Istilah 'sembuh' yang dikenal awam juga bisa berarti remisi. Ini adalah kondisi ketika sel-sel kanker sudah tidak terdeteksi lagi. Apakah berarti tidak ada sel kanker sama sekali? Belum tentu, karena kemampuan dokter mendeteksi sel-sel kanker tersembunyi juga ada batasnya.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)