Senin, 06 Jan 2020 13:30 WIB

Ini Langkah Kemenkes Jika Pneumonia 'Misterius' China Masuk Indonesia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ini langkah Kemenkes RI jika pneumonia 'misterius' masuk Indonesia. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta - Wabah pneumonia di Wuhan, China diwaspadai sejumlah negara di Asia. Wabah pneumonia ini semula dilaporkan sebanyak 44 kasus dan terus meningkat menjadi 59 kasus. Hal ini menimbulkan beragam spekulasi dan keresahan di masyarakat. Namun, bagaimana jika wabah pneumonia misterius ini benar-benar masuk ke Indonesia?

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI juga melakukan pencegahan dengan mewaspadai pasien yang mengidap pneumonia. Pasien yang mengidap pneumonia akan melalui beberapa tindakan sebagai pencegahan lebih lanjut guna menghindari risiko masuknya wabah pneumonia misterius dari China.


"Jika ditemukan pasien seperti di Wuhan akan dilakukan perawatan, pengobatan, isolasi, serta melakukan investigasi dan penanggulangan untuk mencegah penyebaran penyakit meluas," dikutip dari situs resmi Kemenkes RI.

Kemenkes RI juga melakukan deteksi, pencegahan dan respon terhadap kemungkinan masuknya pasien pneumonia berat dari luar negeri, termasuk dari Tiongkok melalui bandar udara, pelabuhan laut, pos lintas batas negara.

Tak hanya itu, Kemenkes pun memastikan akan terus memantau kemungkinan ditemukannya virus atau mikroorganisma baru dari hasil pemeriksaan laboratorium pasien pneumonia berat, dan memantau perkembangan penyakit pneumonia berat yang belum diketahui penyebabnya di dunia agar dapat segera dilakukan langkah yang diperlukan di Indonesia.



Simak Video "Catet! Hotline Kemenkes Soal Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)