Senin, 06 Jan 2020 16:09 WIB

Sedang Wabah Pneumonia 'Misterius', Ini Saran Dokter Jika Ingin Traveling

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Wabah pneumonia misterius tengah menggemparkan China (Foto: thinkstock) Wabah pneumonia 'misterius' tengah menggemparkan China (Foto: thinkstock)
Jakarta - Wabah pneumonia 'misterius' di Wuhan, China dilaporkan telah meningkat dari 44 kasus menjadi 59 kasus. Bagi yang ingin bepergian ke China, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak terjangkit.

Dokter spesialis paru di RS Pondok Indah, Tangerang Selatan, dr Diah Handayani, SpP(K) membagikan sejumlah tips untuk mencegah penularan.

"Pertama kita berangkat pastikan dalam keadaan sehat. Gunakan masker kalau kita curiga bahwa ini daerah banyak orang yang batuk-batuk, sebaiknya sakit atau tidak sakit kita pakai masker," kata dr Diah kepada detikcom, Senin (6/1/2020).



"Kedua, banyak-banyak cuci tangan apalagi kalau kita menggunakan fasilitas publik, seperti toilet umum itu kita harus lebih banyak cuci tangan dan jangan berinteraksi terlalu lama kalau memang kita tahu sedang berada di daerah yang banyak virus," lanjutnya.

dr Diah juga menjelaskan apabila ketika pulang merasakan gejala-gejala seperti batuk, demam dan juga sesak napas hanya dalam waktu dua hari, maka sesegera mungkin untuk lapor, sehingga bisa ditangani dengan baik.

"Kalau dia gejalanya masih ringan biasanya kita berikan obat, kemudian diberikan antibiotik. Orangnya pun diminta jangan berpergian jauh-jauh dan jangan dikunjungi sama orang-orang supaya terisolasi dan nggak banyak orang kontak sama dia," pungkasnya.



Simak Video "Catet! Hotline Kemenkes Soal Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)