Senin, 06 Jan 2020 17:27 WIB

Putra Pertama Ahok-Puput Lahir, Ini Fungsi Alat Inkubator

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Djarot-Prasetio Edi Menjenguk Puput dan Ahok Pasca Kelahiran Putra Pertama (dok. istimewa)
Jakarta - Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Triawan Munaf mengunggah foto anak Ahok dan Puput. Tampak bayi yang diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama itu terbaring di dalam alat inkubator.

"Selamat atas lahirnya 'Yosafat Abimanyu Purnama' Selamat Pak BTP dan Bu Puput. Ada yang pergi, ada yang tiba di bumi ini," tulis Triawan dalam Instagram pribadinya.

Terkait hal tersebut alat inkubator memang biasa digunakan untuk bayi baru lahir. Fungsinya macam-macam tergantung dari jenisnya.

Perawat Cheryl Bird dari Mary Washington Hospital menjelaskan beberapa inkubator yang biasa dipakai di fasilitas kesehatan seperti dikutip dari Verywell Family:


1. Inkubator tertutup

Jenis inkubator ini memiliki sistem filtrasi udara yang berguna untuk meminimalisir infeksi dan hilangnya kelembaban di udara.

2. Inkubator dinding ganda

Sesuai namanya inkubator ini memiliki dua dinding yang berfungsi untuk semakin mencegah hilangnya panas serta kelembaban di udara.

3. Inkubator servo

Inkubator ini memiliki program otomatis yang akan menyesuaikan suhu dan kelembaban udara berdasarkan sensor yang dipasang pada kulit bayi.

4. Inkubator terbuka

Inkubator ini biasanya memiliki penghangat untuk bagian bawah bayi namun bagian atasnya terbuka. Keuntungan dari inkubator ini adalah akses ke bayi yang lebih mudah.

5. Inkubator portabel

Dikenal juga dengan sebutan transport incubator atau mobile incubator. Fungsi inkubator ini adalah untuk membantu proses pemindahan bayi dari satu bagian rumah sakit ke bagian lain.



Simak Video "Kisah Pasangan Suami-Istri Abdikan Hidup Jadi Relawan Inkubator"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)