Senin, 06 Jan 2020 18:07 WIB

Putra Ahok-Puput Lahir Caesar, 6 Asupan Ini Bisa Bantu Masa Pemulihan

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Ini Foto Bayi Laki-laki Ahok dan Puput. (Instagram/triawanmunaf)
Jakarta - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan istrinya, Puput Nastiti Devi, baru saja dikaruniai putra pertama pada Senin (6/1/2020) pagi. Bayi yang diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama tersebut lahir secara caesar.

"Ya tadi sudah lahir ya putranya Pak Ahok dan Puput pukul 8.50 WIB karena, maka dilakukan operasi caesar. Lahir dengan berat 3,66 kg, panjangnya 51-52 cm dan ibunya dalam kondisi sehat, bayinya juga dalam keadaan sehat, dan terus terang tadi saya sebenarnya belum sempat melihat tapi lihat di video saja," kata Ketua DPP PDIP yang juga sahabat Ahok, Djarot Saiful Hidayat, usai menjenguk di RSIA Bunda, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).

Usai operasi caesar seorang ibu perlu istrahat dan asupan bernutrisi agar bisa segera pulih. Dikutip dari Mom Junction setidaknya ada 6 nutrisi yang dapat membantu proses pemulihan:


1. Protein

Sebagai zat pembangun, protein membantu pertumbuhan sel baru dan menolong selama proses penyembuhan. Makanan kaya protein juga memperbaiki dan mempertahankan kekuatan otot ibu usai operasi caesar.

Beberapa sumber pangan yang kaya protein adalah ikan, telur, ayam, turunan produk susu, daging merah, dan kacang-kacangan.

2. Vitamin C

Vitamin C dikenal sebagai antioksidan sehingga mengonsumsinya dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh ibu usai operasi caesar.

Beberapa sayur dan buah yang kaya kandungan vitamin C adalah jeruk, melon, pepaya, strawberry, anggur, jambu, ubi, tomat, dan brokoli. Selain vitamin C, ibu juga disarankan mengkonsumsi kolagen yang membantu penyembuhan luka.

3. Kolagen

Kolagen diketahui dapat membantu proses penyembuhan luka. Tubuh secara alami memproduksinya namun bila dibutuhkan makanan seperti sup tulang bisa mengandung banyak kolagen.

4. Zat besi

Asupan zat besi berguna mempertahankan level hemoglobin dalam tubuh ibu. Contoh makanan yang kaya zat besi adalah kuning telur, daging merah, tiram, hati sapi, dan buah kering. Biasanya dokter akan memberi saran jumlah asupan zat besi per hari sesuai kondisi ibu usai operasi caesar.

5. Kalsium

Kalsium berguna untuk mencegah keram otot, memperkuat tulang dan gigi, serta membantu pembekuan darah. Sumber makanan yang mengandung banyak kalsium adalah susu, yogurt, keju, tahu, kale, dan bayam.

6. Serat

Serat membantu ibu yang biasanya mengalami konstipasi atau sembelit karena luka dan irisan pisau bedah. Asupan yang kaya serat adalah aneka buah dan sayur yang dimakan utuh.



Simak Video "Melihat Proses Melahirkan dengan Operasi Caesar"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)