Senin, 06 Jan 2020 19:00 WIB

Pneumonia Vs Paru-paru Basah, Sama atau Beda? Ini Kata Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Perbedaan antara pneumonia dan paru-paru basah. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Wabah pneumonia 'misterius' yang tidak diketahui sebabnya di Wuhan, China, tengah jadi perbincangan. Pneumonia merupakan infeksi pada paru, yang oleh orang awam kerap disamakan dengan kondisi 'paru-paru basah'.

Menurut dokter spesialis paru di RS Pondok Indah, Tangerang Selatan, dr Diah Handayani, SpP(K) ada banyak pengertian penyakit paru-paru basah di kalangan orang awam.

"Ada beberapa pengertian paru-paru basah yang saya lihat pada orang awam, ada yang menyebut pneumonia ini paru-paru basah karena memang di dalam paru itu jadi banyak sekret (lendir). Nah pneumonia sebagai paru-paru basah disitu," kata dr Diah kepada detikcom, Senin (6/1/2020).


Namun ada kondisi lain yang oleh orang awam juga disebut paru-paru basah. Selaput paru yang terendam cairan karena penyakit tertentu, juga kerap disebut paru-paru basah.

Meski mendekati, namun ada juga yang mensalahartikan paru-paru basah, seperti selaput paru yang terendam cairan sebagai pneumonia.

"Nah ini bukan pneumonia, ini adalah infeksi pada pleura," ucap dr Diah.


Penumpukan cairan di selaput paru bisa disebabkan oleh infeksi virus, bakteri TBC (tuberculosis), dan bahkan adanya penyebaran sel-sel kanker.

dr Diah juga menjelaskan bahwa paru-paru basah bukanlah istilah resmi yang digunakan dalam medis.

"Sebenarnya itu istilah awam, kalau nama penyakit yang kita gunakan itu nggak ada. Sebenarnya bukan paru-paru basah, karena kita menyebutnya pneumonia itu infeksi paru, kemudian TBC kita menyebutnya infeksi selaput paru," ujarnya.

"Jadi, sebenarnya kalau dalam istilah medis sendiri nggak ada nih istilah paru-paru basah, karena pengertiannya bisa macam-macam," pungkasnya.



Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)