Senin, 06 Jan 2020 20:00 WIB

Seperti Ria Irawan, 5 Artis Ini Meninggal Usai Melawan Kanker

Nurul Khotimah - detikHealth
Deretan artis yang meninggal setelah berjual lawan kanker. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Artis senior Ria Irawan meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker kelenjar getah bening. Ria didiagnosis mengidap kanker sejak 2014. Meski sempat dinyatakan sembuh, namun kankernya muncul kembali hingga menyebar ke otak.

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sulit disembuhkan karena memang belum ada obatnya. Banyak orang yang mengidap kanker harus menyerah karena sulit disembuhkan. Selain Ria Irawan, beberapa public figure ini juga kerap berjuang melawan kanker di tubuhnya. Berikut lima artis yang meninggal usai berjuang melawan kanker:

Baca juga:

1. Julia Perez

Seorang public figure yang juga teman akrab Ria Irawan, Julia Perez alias Jupe kerap mengidap kanker sebelum wafat. Kanker yang bersarang di tubuhnya adalah kanker serviks. Ia dinyatakan meninggal setelah berjuang melawan kanker serviks pada Sabtu (10/6/2017). Penyakit ganas itu bersarang di tubuhnya sejak September 2014.

Sempat menyatakan dirinya sembuh pada 2015, namun pada 2016 ia kembali berjuang melawan kanker hingga akhirnya tutup usia usai berjuang selama tiga tahun. Kanker serviks bukanlah penyakit langka melainkan ada di sekitar kita dan bisa menulari ke siapa saja.

2. Agung Hercules

Agung Santoso atau akrab dikenal Agung Hercules juga sempat mengidap kanker sebelum tutup usia. Diketahui bahwa Agung mengidap kanker otak ganas glioblastoma. Glioblastoma atau glioblastoma multiforme (GBM) termasuk dalam jenis kanker otak yang cukup ganas dan mematikan. Kanker ini terbilang agresif dan cepat menyebar dengan cepat.

Pertama kali ramai dikabarkan sakit pada bulan Juni 2019 lalu. Hingga akhirnya Agung dinyatakan meninggal usai berjuang melawan kanker ini pada Kamis (1/8/2019) di RS Dharmais.

3. Titi Qadarsih

Artis senior yang juga pernah berjuang melawan kanker sebelum tutup usianya adalah Titi Qadarsih. Ia didiagnosa menginap kanker usus pada bulan puasa 2018 lalu. Akibat kanker usus yang terus menggerogoti tubuhnya, ia akhirnya menyerah dan dinyatakan meninggal di usia 73 tahun pada Senin (22/10/2018).

Jenis penyakit ini termasuk sering ditemui di masyarakat umum. Dikutip dari situs National Health Security (NHS), kanker usus rawan terjadi pada orang yang berusia lebih dari 60 tahun. Gejalanya dapat dilihat dari kondisi feses dan perutnya.

4. Yana Zein

Salah satu public figure yang juga meninggal usai melawan kanker adalah Yana Zein. Kabar tersebut ikut mengejutkan banyak orang terutama orang terdekatnya. Karena awalnya ia sempat tidak menyadari ada kanker yang bersarang di payudaranya. Ia mengidap kanker payudara stadium 4 sebelum tutup usia.

Yana sempat mengungkapkan bahwa penyakitnya diketahui muncul sejak tahun 2016. Sejak itu ia tak lagi melanjutkan aktivitasnya main sinetron. Penyakit yang menyerang bagian tubuh perempuan ini harus merenggut nyawa Yana Zein pada (1/6/2017).

5. Renita Sukardi

Pesinetron yang juga mengidap kanker payudara sebelum wafat adalah Renita Sukardi. Artis sinetron ini dikabarkan meninggal usai berjuang mengalahkan kankernya pada Senin (10/4/2017) di RS Cipto Mangunkusumo.

Kanker payudara sering disebut silent killer karena di stadium awal sering tak terlihat gejalanya. Inilah yang menyebabkan kanker payudara baru ketahuan setelah stadiumnya berlanjut.

Baca juga:

Simak Video "Pentingnya Peran Keluarga Dalam Dampingi Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)