Selasa, 07 Jan 2020 05:30 WIB

Ada Bercak Putih di Gusi? Mungkin Ini Penyebabnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Bercak putih di gusi ada banyak penyebabnya (Foto: iStock) Bercak putih di gusi ada banyak penyebabnya (Foto: iStock)
Jakarta - Umumnya, gusi di dalam mulut akan berwarna merah muda dan cerah. Tapi, ternyata hal itu tidak akan berlaku sepanjang waktu. Sesekali, bisa saja muncul titik atau garis putih pada gusi yang biasanya merupakan sariawan.

Belum tahu penyebab utamanya, tapi penyebabnya biasanya karena goresan kawat gigi, sikat gigi terlalu kencang, atau tertusuk makanan yang tajam. Ini akan membuatmu sulit untuk bicara, minum, makan dalam waktu yang cukup lama.

Tapi, tahukah kamu titik, bercak atau goresan putih di gusi bisa jadi tanda ada penyakit serius di dalam tubuhmu. Dikutip dari The List, berikut ini kondisi yang menyebabkan adanya putih-putih di gusi mulut.



1. Oral lichen planus

Munculnya garis-garis putih pada gusi, penyebabnya bisa karena kelainan autoimun yaitu oral lichen planus. Kondisi ini merupakan peradangan kronis yang mempengaruhi kulit yang ada di bagian dalam mulut. Tidak hanya di mulut saja, kondisi ini bisa terjadi di bagian tubuh lainnya pada saat yang sama.

Jika ditemukan pada gusi, segera konsultasikan ke dokter agar mendapatkan perawatan atau obat yang bisa mengembalikan keadaan gusi menjadi merah muda kembali.

2. Tanda anemia

Adanya garis putih bisa jadi tanda kamu mengalami anemia atau kurangnya sel darah merah. Pada keadaan ini, kamu juga bisa mengalami kekurangan zat besi ataupun vitamin B12 yang membuat tubuh terasa lemas dan lelah.

3. Leukoplakia

Leukoplakia adalah suatu kondisi yang bisa menimbulkan bercak-bercak putih, di gusi, lidah, bagian bawah mulut, bahkan bagian dalam pipi. Bintik atau bercak putih itu memang tidak sesakit sariawan.

Penyebab leukoplakia tidak diketahui, tapi tembakau dianggap sebagai penyebab utama adanya gangguan ini.

Tapi, leukoplakia ini kerap dikaitkan dengan kanker karena sering muncul di sebelah lesi merah. Agar aman, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)