Selasa, 07 Jan 2020 11:18 WIB

Heboh Reynhard Sinaga, Dampak Perkosaan Sama Buruknya pada Pria dan Wanita

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Reynhard Sinaga, pelaku pemerkosaan pria di Inggris. (Foto: GMP via AP)
Jakarta - Reynhard Sinaga terbukti memperkosa 48 pria di Inggris. Kebanyakan dari korban tidak tahu dirinya mengalami pelecehan seks sehingga rentan mengalami stres dan depresi.

Secara umum, dampak kekerasan seksual yang akan dialami oleh pria kurang lebih sama dengan perempuan. Menurut spesialis kejiwaan dari RSJ Marzoeki Mahdi, dr Lahargo Kembaren, SpKJ menyebut dampak psikologis dari korban antara lain depresi, fobia sosial, gangguan kecemasan, perilaku bunuh diri, gangguan emosi, relasi, dan bahkan seksual.

"Secara khusus pada laki-laki yg menjadi korban kekerasan seksual, mereka merasa khawatir dan berpikir mengenai maskulinitas, seksualitas, khawatir pendapat orang yang akan menganggap mereka homoseksual dan fakta bahwa mereka tidak bisa mencegah kekerasan seksual tersebut," katanya kepada detikcom, Selasa (7/1/2020).

Selain itu, korban juga akan mengalami dampak fisik seperti kerentanan terhadap penyakit menular seperti HIV-AIDS dan luka pada tubuh karena anal seks yang bisa menimbulkan potensi munculnya infeksi.


Diwawancara terpisah, psikolog forensik Reza Indragiri Amriel menyebut baik pria atau wanita, menjadi korban kejahatan seksual adalah hal yang memalukan sekaligus menyedihkan. Pada sisi lain, di masyarakat yang mayoritas menyanjung maskulinitas, lelaki dianggap sebagai jenis kelamin yang unggul baik secara fisik, psikis, dan sosial.

"Sekarang gabungkan situasi jika lelaki menjadi korban kejahatan seksual. Efek traumatisnya tentu lebih tinggi," sebutnya.

Belum lagi, di Indonesia, kantor polisi hanya tersedia Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA). "Korban lelaki baik kejahatan seksual maupun KDRT, bisa datang ke mana? Personel polisi siap melayani mereka tanpa bias?" sambungnya.

Tekanan pada pria yang menjadi korban pelecehan seks tidak hanya datang dari pengalaman dijahati secara seksual, tetapi juga dari anggapan sebagai 'jenis kelamin unggul'. Tentunya hal tersebut akan berpengaruh pada proses rehabilitasi korban.



Simak Video "Ramai Soal Reynhard Sinaga, Ini Ciri-ciri Predator Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)