Selasa, 07 Jan 2020 13:32 WIB

Segera Hentikan! 7 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Fungsi Otak

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Hindari kebiasaan yang bisa merusak otak, salah satunya stres. Foto ilustrasi: thinkstock
Jakarta - Diet dan gaya hidup memiliki peran besar dalam mengatur aktivitas otak. Tentu saja kita ingin memiliki fungsi otak tetap baik agar tidak mengganggu segala aktivitas. Namun, rupanya beberapa gaya hidup yang biasa kita lakukan sehari-hari berisiko merusak fungsi otak.

Gaya hidup yang buruk bisa merusak nutrisi penting yang ada pada otak kita, sekaligus membunuh sel-sel otak yang bisa menimbulkan risiko gangguan mental seperti depresi, kecemasan, serta penyakit fisik seperti stroke, epilepsi, bahkan kanker.

Berikut 7 kebiasaan buruk yang dapat merusak fungsi otak, jika tidak segera dihentikan, dikutip dari Health and Human Research:


1. Menghindari sarapan

Menghindari sarapan ternyata bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Karena melewatkan sarapan dapat menyebabkan kadar gula darah menjadi rendah. Hal ini bisa berpengaruh pada fungsi otak. Bisa menyebabkan otak menjadi kurang responsif, dan sulit fokus.

2. Kurang tidur

Kurang tidur juga dapat berpengaruh terhadap fungsi otak. Kurang tidur dapat membuat kamu lesu dan menjadi pelupa. Kurang tidur pun bisa berakibat buruk pada kesehatan mental. Apalagi jika kamu terbiasa kurang tidur dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, mulai lah untuk perbaiki waktu tidurmu.

3. Terlalu banyak konsumsi makanan tidak bergizi

Alasan lain yang membuat fungsi otakmu tidak berjalan dengan baik adalah terlalu banyak konsumsi makanan tidak bergizi. Hal ini dapat menyebabkan keinginan untuk makan secara berlebihan, karena otak selalu melemparkan sinyal "kelaparan".

4. Merokok

Merokok jelas dapat merusak fungsi otak. Merokok merusak saraf di area otak yang mengatur keseimbangan, dan fungsi motorik. Maka dari itu, perlu untuk mulai meninggalkan kebiasaan merokok jika tak ingin merusak fungsi otak lebih jauh.

5. Dehidrasi

Tubuh kita terdiri dari 70% air, sehingga konsumsi air yang cukup, sangat penting bagi tubuh, termasuk menjaga fungsi otak. Coba lah untuk mulai membiasakan minum 8 gelas air per hari. Agar, dehidrasi tidak menyerang kamu saat bekerja.

6. Terlalu banyak konsumsi gula

Ketika mengonsumsi terlalu banyak gula, sel-sel otak bisa mengalami peradangan. Tentu hal ini juga berdampak pada kemampuan tubuh saat menyerap nutrisi penting dari makanan. Mulai batasi konsumsi gula, apalagi saat ini sedang marak dengan minum-minumam boba, dan es kopi kekinian. Jika tetap ingin meminumnya, sebisa mungkin harus selalu dibatasi.

7. Stres

Rentan stres tentu bisa memicu kerusakan fungsi otak. Tidak hanya dapat membunuh sel-sel otak, stres juga bisa membuat kemampuanmu untuk belajar dan mengingat menjadi sulit. Perbaiki kondisi mood-mu secara teratur, agar terhindar dari segala hal yang rentan membuatmu stres.


Simak Video "Kunci Sukses Arya Permana Turunkan Berat Badan"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/sao)