Selasa, 07 Jan 2020 14:01 WIB

Reynhard Sinaga Sering Senyum Saat Persidangan, Tanda Psikopat?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Reynhard Sinaga, predator seks yang sering tampak tersenyum (Foto: Facebook via The Guardian)
Jakarta - Reynhard Sinaga menjadi tersangka perkosaan pria di Inggris. Bahkan ia mendapat julukan 'predator seks' di negara tersebut.

Dalam persidangan, salah satu hakim mengatakan Reynhard tidak menunjukkan tanda-tanda penyesalan bahkan 'menikmati' proses persidangan. Di beberapa kesempatan, Reynhard seperti terlihat tersenyum. Apa tanda-tanda psikopat?

"Karena pembelaan dirinya adalah not guilty (tidak bersalah), bukan psikopat (jadinya senyum-senyum)," kata psikolog forensik Reza Indragiri Amriel kepada detikcom, Selasa (7/1/2020).



Baik keluarga dan rekannya memang tak ada yang menyangka bahwa Reynhard, dengan penampilannya yang bersahabat dan tidak mengancam juga sering melemparkan senyum, menjadi seorang predator seks dan mampu melakukan segala jenis kekerasan.

Meski demikian, sering tersenyum tak bisa digambarkan sebagai salah satu tanda seseorang mempunyai sifat psikopat meski banyak orang mengatakan ciri-ciri Reyhand sudah sangat mirip dengan sifat tersebut.

Ada beberapa ciri-ciri seseorang punya sifat psikopat yang perlu diketahui, berikut di antaranya dikutip dari Psychology Today:

- Kurangnya empati dan terkesan 'dingin'
- Tak punya rasa malu dan takut
- Tidak bertanggung jawab dan tak mau mengakui kesalahan
- Rasa percaya diri yang tinggi
- Egoisme yang besar
- Agresif dan kerap berperilaku kasar



Simak Video "Ahli Jelaskan Ciri-ciri Kecenderungan Sifat Psikopat Pada Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)