Rabu, 08 Jan 2020 11:31 WIB

Sumbatan Pembuluh Darah Astronout AS Diperbaiki dari Bumi, Begini Caranya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi luar angkasa. Foto: istimewa
Jakarta - Dr Stephan Moll sedang melakukan kegiatan biasanya saat mendadak dikontak oleh NASA. Rupa-rupanya ada seorang astronout yang sedang bertugas di International Space Station yang terdiagnosis ada penyumbatan darah di pembuluh darah di lehernya.

Ia dikontak bukan secara acak, namun Dr Moll terkenal akan kiprahnya dalam banyak studi mengenai penyumbatan darah. Dosen kedokteran di University of North Carolina ini sedang mengajar ketika panggilan tugas mulia itu datang.

"Jadi aku mengangkat teleponnya, dan ada NASA berbicara dan berkata bahwa ini darurat. Ini sangat mengejutkan, sungguh mulia sekali. Aku penasaran akan dibawa ke mana," kata Dr Moll, dikutip dari People.


NASA belum pernah mengalami adanya masalah penyumbatan darah di antariksa sebelumnya dan tak memiliki protokol bagaimana cara mengatasinya. Dr Moll menyebut, semua keputusan yang dibuat adalah gagasan yang terbaik.

Ia lalu bekerja sama dengan tim dokter dari NASA untuk merancang perawatan mendadak bagi astronout, yang namanya tidak dipublikasikan karena alasan privasi. Timnya khawatir jika mereka tak segera menemukan solusi, gumpalan darah ini bisa menyebar ke otak atau paru-paru si astronout.

Penyumbatan darah biasanya diatasi dengan koagulan, menurut Cleveland Clinic, namun Dr Moll tak yakin obat tersebut bekerja di antariksa. Ia perlu mempertimbangkan risiko dan manfaatnya untuk menggunakan atau tidak menggunakan pengencer darah.

Beruntung, stasiun antariksa tersebut memiliki obat pengencer darah, walah hanya suplai kecil namun cukup untuk mengatasinya. Walau Dr Moll tak bisa merawat pasiennya langsung di antariksa, ia mampu merawatnya melalui sambungan telepon.

"Koneksinya sangat bagus, bahkan tanpa tundaan. Hal ini sangat luar biasa karena ISS bergerak 28-29 ribu km per jam," kata Dr Moll.

Sang astronout kini dikabarkan sudah kembali ke Bumi dan menjalani pemulihan.



Simak Video "Begini Cara Mengobati Astronot yang Kena Serangan Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)