Rabu, 08 Jan 2020 15:08 WIB

Iuran BPJS Kesehatan Naik, Ingat Ini Batas Waktu Turun Kelas

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Dampak iuran BPJS naik, banyak peserta turun kelas. (Foto ilustrasi: Pradita Utama)
Jakarta - Iuran BPJS naik yang berlaku sejak awal tahun membuat para peserta BPJS Kesehatan berbondong-bondong mengurus turun kelas. Bagi yang masih ingin melakukannya, ada batas waktu yang disediakan.

Dwi Asmariyanti, Asisten Deputi Bidang Pengelolaan Pelayanan Peserta, BPJS Kesehatan, menjelaskan soal kemudahan penurunan kelas program praktis.

"Kalau dulu syaratnya harus terdaftar dulu selama satu tahun baru bisa turun kelas. Nah sekarang nggak perlu nunggu 1 tahun peserta JKN bisa turun kelas," jelasnya saat ditemui detikcom, Selasa (7/1/2020).


Kebijakan persyaratan administrasi yang berdampak dari iuran BPJS yang naik tersebut hanya berlaku sejak tanggal 9 desember 2019, sampai dengan 30 April 2020.

"Untuk proses penurunan kelas sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, namun ada kekhususan dalam hal persyaratan administrasinya saja yang tadi itu kami atur periodenya," ujarnya, saat ditemui detikcom Selasa (7/1/2020).

Dwi juga menjelaskan kebijakan baru akibat iuran BPJS naik ini akan berlaku sampai dengan tanggal 30 Januari 2020 terkait program super praktis.

"Program super praktis ini nantinya peserta pada saat selesai proses penurunan, itu statusnya bisa langsung turun," pungkasnya.



Simak Video "Soal Iuran BPJS Naik, Menkes Terawan: Semua untuk Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)