Rabu, 08 Jan 2020 18:45 WIB

Alasan Pria Lebih Rentan Idap Kanker Usus Besar daripada Wanita

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kanker usus lebih rentan diidap pria. (Foto: iStock)
Jakarta - Kanker usus besar memang kurang mendapatkan perhatian dari masyarakat. Padahal berdasarkan data Riskesdas (Riset Kesehatan Dasar) tahun 2013, kanker usus besar jadi penyebab kematian kedua terbesar untuk pria dan ketiga terbesar untuk wanita.

Dokter spesialis patologi anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang, dr Noza Hilbertina, M Biomed, SpPA, mengatakan bahwa adanya perbedaan hormon, menyebabkan pria lebih cenderung lebih rentan terkena kanker usus besar dibandingkan wanita.

"Biasanya pada wanita itu dia mempunyai hormon yang juga bisa bersifat lebih kepada melindungi, begitu dia usianya nambah (di atas 50 tahun) baru terpengaruh," kata dr Noza saat ditemui detikcom, pada Rabu (8/1/2020).


Namun hormon pelindung wanita, menurut dr Noza, hanya terjadi pada fase tertentu saja. Makin berumur, efek hormon akan berkurang sehingga proteksinya pun menurun.

"Sehingga pada wanita itu ditemukannya setelah umur lanjut, sedangkan pada laki-laki lebih dimunculkan manifestasinya itu lebih awal dibandingkan dengan wanita," lanjutnya.

Faktor gaya hidup yang kurang sehat pada pria seperti kebiasaan merokok dan juga meminum minuman alkohol bisa jadi pemicu kerentanan pria mengidap kanker usus besar.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)