Rabu, 08 Jan 2020 19:34 WIB

Antisipasi Kanker Usus Besar Sedari Usia Muda, Ini Tips dari Dokter

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kanker usus besar bisa dicegah (Foto: iStock)
Jakarta - Hingga saat ini penyebab kanker usus besar belum diketahui dengan pasti. Penyakit ini memang umumnya lebih sering dialami oleh orang yang telah berusia di atas 50 tahun, namun tak menutup kemungkinan usia muda di bawah 50 pun bisa terkena kanker usus besar.

Menanggapi hal ini ahli kanker dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang, dr Noza Hilbertina, M Biomed, SpPA memberikan tips kepada generasi muda agar dapat terhindar dari risiko terkena kanker usus besar.

"Pertama kita harus tahu dulu silsilah keluarga kita yang penting dulu, karena itu akan membuat kita lebih aware, karena kalau kita punya silsilah, kita punya kemungkinan lebih besar (terkena) dibandingkan dengan orang yang tidak punya silsilah," kata dr Noza saat ditemui detikcom, Rabu (8/1/2020).

Faktor genetik atau turunan memang menjadi penyebab utama seseorang bisa terkena kanker usus besar. Namun, gaya hidup sehat juga menjadi salah satu pemicu penyakit ini di kelak hari.



"Kedua, Punya silsilah atau tidak punya silsilah tetap saja gaya hidup yang sehat karena rata-rata kanker itu disebabkan karena faktor dari lingkungan. Apakah terkait pada makanan? Sesuatu yang masuk ke dalam tubuh kita itu pasti akan mengakibatkan dan memicu sel untuk merubah sifat," ucap dr Noza.

Pola makan yang kurang serat, terlalu banyak mengonsumsi daging merah dan lemak, kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, bahkan sampai jarang berolahraga pun bisa jadi pemicu dari kanker usus besar.

Meski begitu, dr Noza juga mengatakan bahwa terdapat kanker yang memang sulit untuk disembuhkan.

"Jadi, yang penting itu tetap saja tahu silsilah dan tetap hidup sehat. Cuma memang ada beberapa kanker mau kita apa-apain juga nggak bisa, itu kanker yang faktor genetiknya kuat itu memang nggak bisa kita apa-apain itu ada juga yang seperti itu. Cuma dari kitanya tetap balik lagi ke hidup sehat," tuturnya.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)