Kamis, 09 Jan 2020 12:03 WIB

Justin Bieber Akui Sedang Lawan Penyakit Lyme, Apakah Itu?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Justin Bieber akui sedang melawan penyakit Lyme. Foto: Istimewa
Jakarta - Dalam postingan Instagram terbarunya, Justin Bieber mengakui bahwa ia sedang berjuang melawan penyakit Lyme. Menurut penyanyi berusia 25 tahun tersebut, ia memiliki kasus serius mono kronis yang menyerang kulit, fungsi otak, energi, dan kesehatannya secara keseluruhan.

Bieber berjanji pada para penggemarnya akan terus menginformasikan kondisinya dalam dokumenter berseri di YouTube-nya, Justin Bieber: Season, demikian dikutip dari Good Morning America.

"Kalian semua bisa lihat aku sedang berjuang dan MENGATASINYA!! Akan menjadi tahun-tahun yang berat namun mendapatkan penanganan yang benar akan membantu mengatasi penyakit sejauh ini dapat disembuhkan dan aku akan kembali dan lebih baik dari sebelumnya," tulis Bieber di Instagram-nya, yang sebelumnya mengaku berjuang melawan depresi di 2019.


Apakah penyakit Lyme itu? Menurut MayoClinic, penyakit ini disebabkan oleh gigitan kutu dan umum terjadi di wilayah Amerika Serikat. Risikonya meningkat jika kamu sering menghabiskan waktu di area hutan di mana banyak kutu pembawa penyakit ini bersarang.

Gejalanya bisa berbeda tiap-tiap orang dan bertahap, namun semua orang pada awalnya akan muncul ruam-ruam di sekujur tubuh. Kemudian demam, menggigil, kelelahan, nyeri tubuh, sakit kepala, kekakuan leher, dan pembengkakan kelenjar limfe bisa menyertai ruam-ruam ini.

Tahap selanjutnya bisa memakan waktu berbulan-bulan, seperti ruam yang makin menyebar, nyeri sendi (umumnya di lutut), dan masalah neurologis seperti adanya inflamasi pada membran yang menyelubungi otak atau meningitis, lumpuh sementara di salah satu sisi wajah atau Bell's palsy, lemah atau lumpuh pada tangan dan kaki, dan gerakan otot yang tidak seimbang.



Simak Video "Fakta-fakta Virus Tick-Borne yang Gegerkan China"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)