Kamis, 09 Jan 2020 14:04 WIB

Cemburu Disebut Jadi Motif Pembunuhan Hakim PN, Ini Kata Psikolog

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Cemburu disebut jadi motif pembunuhan hakim PN Medan. Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana Cemburu disebut jadi motif pembunuhan hakim PN Medan. Foto: ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Jakarta - Dalam penanganan kasus pembunuhan hakim PN Medan, Jamaluddin, psikolog sekaligus Direktur Minauli Consulting Medan Dra Irna Minauli MSi menyebut cemburu sebagai penyebabnya. Hal ini disampaikannya saat menanggapi kasus yang dilakukan Zuraida Hanum (ZH).

"Akan tetapi umumnya perempuan tidak berani melakukan pembunuhan secara langsung, sehingga mereka sering menyuruh orang lain untuk membantunya," kata Minauli sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (9/1/2020).

Tim Polda Sumut yang bekerja sama dengan Polrestabes Medan berhasil menguak pelakunya yang terdiri dari tiga orang, yakni JF (42), RF (29), dan ZH (41) yang ternyata istri dari korban. Kapolda Sumatera Utara Irjen Martuani Sormin mengatakan, motif pembunuhan terhadap korban terkait masalah rumah tangga yang sering terjadi cekcok.

Tapi, apa rasa cemburu bisa mendorong seseorang untuk melakukan hal yang beresiko seperti ini?

"Pada dasarnya tindak kejahatan itu bisa terjadi karena ada niat atau motif, lalu kemudian juga kesempatan dan ada korban yang dituju," kata psikolog klinis Kasandra Putranto dari Kasandra & Associate pada detikcom, Kamis (9/1/2020).

Kasandra mengatakan, motif yang memicu terjadinya kasus seperti ini beragam. Tapi, penyebab utamanya juga bisa dilihat dari profil atau keadaan psikologis si pelaku.

"Motif ekonomi, motif asmara, motif dendam itu adalah pemicu (untuk melakukan suatu tindakan). Tetapi, penyebabnya tetap adalah profil (keadaan) psikologis seseorang yang bisa menumbuhkan motif itu," jelasnya.

Ia menambahkan, adanya motif asmara yang bisa berkaitan dengan kecemburuan itu yang menjadi dasar seseorang untuk menyelesaikan persoalan. Caranya dengan melenyapkan sumber persoalannya, yaitu korban.



Simak Video "Apa Sih Quarter Life Crisis?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)