Kamis, 09 Jan 2020 15:29 WIB

Meski Sakit, Ini Beragam Alasan Orang Malas Pergi ke Dokter

Akfa Nasrulhak - detikHealth
Foto: iStock
Jakarta - Saat tak enak badan, cara mudah untuk mengatasinya adalah beristirahat atau pergi ke dokter. Tetapi ada saja orang yang enggan ke dokter, entah karena takut disuntik atau beranggapan akan cepat sembuh.

Dikutip dari laman NCBI, Kamis (9/1/2020) sebuah studi menunjukkan ada beragam alasan mengapa orang malas pergi ke dokter ketika sakit. Penelitian kualitatif ini melibatkan 1.369 peserta untuk mengetahui alasan mereka menghindari perawatan medis dan menghasilkan 3 kategori alasan utama.

Pertama, lebih dari sepertiga peserta (33,3% dari 1.369) diketahui tidak beruntung mendapatkan layanan medis yang berkaitan dengan dokter, lembaga kesehatan, dan masalah afektif. Kedua, 12,2% peserta memiliki minat yang rendah untuk mencari perawatan medis. Mereka juga berpikir gejala atau sakitnya akan meningkat dari waktu ke waktu.


Ketiga, banyak pula peserta yang mengeluhkan masalah umum untuk pergi dokter, di antaranya biaya yang tinggi (24,1%), tidak ada asuransi kesehatan (8,3%), dan kendala waktu (15,6%).

Namun, saat ini Anda tak perlu khawatir jika merasakan sakit. Anda cukup mengandalkan smartphone untuk berkonsultasi secara online di KlikDokter. Konsultasi di KlikDokter tidak dipungut biaya alias gratis. Anda hanya perlu memerlukan sambungan internet.

Lewat aplikasi ini, Anda juga dapat mencari tahu apa penyebab dan solusi penyakit bersama dokter-dokter terpercaya secara gratis selama 24 jam. Selain konsultasi kesehatan, Anda juga dapat mengetahui detail seperti gejala dan penyebab penyakit beserta obatnya karena tersedia menu direktori obat dan penyakit.


Selain itu, KlikDokter juga menyajikan direktori rumah sakit terdekat. Ada juga fitur lain yang dikhususkan untuk program kehamilan, seperti kalender kehamilan, dan kalender kesuburan.

Simak Video "Resep dan Cara Meracik Jamu Kunyit Asam"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)