Kamis, 09 Jan 2020 15:36 WIB

Makam Lina Eks Sule Dibongkar, Sebenarnya Apa Sih Autopsi Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Makam Lina eks Sule dipindahkan usai autopsi. (Foto: Dony IR)
Jakarta - Makam mantan istri Sule, Lina Jubaedah, hari ini (9/1/2020) dibongkar. Tim forensik selesai melakukan autopsi pada jenazah Lina pada pukul 13.00 WIB, namun hasilnya masih harus menunggu analisa termasuk dari laboratorium.

"Sementara menunggu hasil analisisnya tim forensik yang menjadi penyebab kematian akan diketahui data-data dari laboratorium kemudian dari hasil pemeriksaan di lapangan nanti disampaikan," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Saptono Erlangga Waskitoroso di lokasi pembongkaran, Jalan Sekelimus, Kota Bandung, Kamis (8/1/2020).


Dikutip dari Live Science, autopsi secara umum bisa dibilang sebagai proses pemeriksaan jenazah untuk menentukan penyebab kematian.

Autopsi biasanya dimulai dari pemeriksaan luar jenazah untuk mengumpulkan data karakteristik fisik jenazah. Mulai dari warna kulit, rambut, mata, bekas luka, tato, tanda-tanda luka, hingga residu yang mungkin menempel di tubuh.

Usai pemeriksaan luar tim ahli akan melakukan pemeriksaan lebih dalam dengan membedah jenazah. Tujuannya untuk mendapatkan data kondisi organ dalam.

Terakhir organ-orang yang diperiksa akan dikembalikan ke dalam tubuh kecuali beberapa yang mungkin perlu diteliti lebih jauh atau dijadikan bukti. Jenazah sebisa mungkin dikembalikan ke kondisi semula.



Simak Video "Ingin Kulit Putih? Ini Tipsnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)