Kamis, 09 Jan 2020 17:01 WIB

11 Kondisi Kesehatan yang Diyakini Pertanda Ajal Sudah Dekat

Nurul Khotimah - detikHealth
Ada beberapa kondisi kesehatan yang diyakini menandakan ajal sudah dekat (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kematian adalah hal mutlak yang pasti akan dialami oleh setiap yang bernyawa, termasuk manusia. Ketika seseorang menderita sakit yang parah dan mendapat kemungkinan kecil untuk hidup lebih lama biasanya menjadi pertanda bahwa waktu kematian semakin dekat..

Dirangkum dari Medical News Today, berikut 11 kondisi yang diyakini menjadi tanda ajal sudah dekat.

1. Nafsu makan berkurang
Nafsu makan yang menurun mungkin merupakan tanda karena tubuh seseorang yang akan meninggal menjadi kurang aktif. Mereka berhenti makan atau minum secara drastis karena nafsu makan berangsur-angsur hilang.

Jika ini terjadi pada orang yang Anda cintai, biarkan mereka makan ketika mereka merasa lapar. Seseorang mungkin benar-benar berhenti makan beberapa hari sebelum meninggal. Ketika ini terjadi, ada baiknya menjaga bibir mereka tetap basah dengan lip balm, sehingga tidak nyaman dan mereka akan kembali makan.



2. Banyak tidur
Dalam dua atau tiga bulan sebelum seseorang meninggal, mereka mungkin menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bangun. Kurangnya kesadaran ini karena metabolisme tubuh mereka menjadi lebih lemah. Tanpa energi metabolisme, seseorang akan tidur lebih banyak.

Jika ini terjadi, buatlah ia nyaman dan biarkan mereka tertidur. Bisa juga dengan membuatnya pindah atau turun dari tempat tidur untuk membantu menghindari luka baring.

3. Menjadi kurang sosial
Seseorang yang akan meninggal biasanya energinya berkurang sehingga kerap tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk orang lain. Jika ini terjadi Anda tak perlu tersinggung. Sudah lazim bagi seseorang yang akan meninggal atau sakit parah merasa tidak nyaman bertemu orang lain. Maka aturlah kunjungan ketika ingin bertemu.

4. Tanda-tanda vital berubah
Tanda vital akan berubah dari mulai, tekanan darah turun, perubahan nafas, detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit dideteksi, hingga urine yang berubah warna menjadi coklat. Warna urine yang berubah akibat ginjal sudah tidak berfungsi.



Selanjutnya
Halaman
1 2 3