Jumat, 10 Jan 2020 05:00 WIB

Makan Masakan Minang Bisa Cegah pikun? Ini Kata Ahli

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Penjual nasi padang (Foto: Selfie Miftahul Jannah/detikFinance)
Jakarta - Tak hanya enak, ternyata rempah-rempah pada bumbu masakan minang memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Kandungan antioksidan yang tinggi pada rempah-rempah, dipercaya bisa menurunkan risiko penyakit demensia atau pikun.

Ahli gizi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Padang, Dr Gusnedi, STP, MPH, mengatakan kandungan antioksidan yang tinggi bisa menetralkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit degenaratif seperti pikun.

"Kalau kita antioksidannya banyak, maka nanti reaksi inflamasi (peradangan) yang disebabkan oleh makanan itu bisa dikurangi," kata Gusnedi saat ditemui, pada Kamis (9/1/2020).


Foto: infografis detikHealth

"Jadi memang benar, penggunaan bumbu itu sangat disarankan dalam makanan supaya ada asupan antioksidan dari sana untuk menetralkan itu tadi efek dari makanan itu," lanjutnya.

Gusnedi juga mengatakan, terdapat penelitian yang telah membuktikan bahwa masakan minang memiliki antioksidan yang cukup tinggi.

"Penelitian sebelumnya juga menemukan dalam masakan minang itu yang digulai yang direndang antioksidannya cukup tinggi," pungkasnya.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)