Jumat, 10 Jan 2020 09:13 WIB

Tiap Pagi Selalu Terasa Tak Enak Badan? Bisa Jadi Ini Alasannya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Selalu terasa tak enak badan setiap bangun pagi? Hal ini bisa jadi alasannya. Foto: dok. iStock
Jakarta - Apakah kamu tiap pagi terbangun dengan badan yang terasa tidak enak seperti akan sakit? Mungkin kamu akan berpikir apa yang kamu makan atau lakukan yang bisa membuatmu merasa tidak enak badan terus-terusan.

Dikutip dari The List, dokter menyebutkan banyak alasan mengapa kita bisa sakit, dan biasanya ditunjukkan dengan gejala awal mual. Menurut Dr Sarah Brewer dari Inggris, mual merupakan gejala yang bisa dipicu oleh banyak hal baik emosional maupun secara fisik.

"(Mual) merupakan gejala tak spesifik yang sulit untuk dijelaskan, penyebabnya biasanya umum, tapi kadang juga ada yang langka, namun gejala yang menyertainya seperti sakit kepala, pusing, telinga berdenging, nyeri perut atau diare, dapat membantu memastikan penyebabnya," tuturnya.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa kamu selalu merasa sakit di pagi hari:


1. Melewatkan makan malam

Saat kamu melewatkan makan malam, kamu akan melewatkan berjam-jam waktu tanpa makan ataupun minum, sehingga gula darah rendah dan dehidrasi bisa menjadi alasan mengapa kamu merasa pusing dan serasa ingin pingsan. Dalam kasus ini, mual disebabkan kurang makan dan minum bisa diatasi dengan mudah menggunakan makanan sehat tinggi karbohidrat dan segelas air.

Ahli penyakit dalam Dr Kristine Arthur merekomendasikan segelas air, segelas jus buah, atau sepotong buah. Permen bisa menjadi pilihan jika pilihan sehat lainnya tidak tersedia.

2. Kurang tidur

Kurang tidur memang buruk untuk kesehatan, namun ia juga bisa memicu munculnya rasa mual di pagi hari. Peneliti di University of North Carolina mengungkapkan bahwa gangguan tidur yang terus-menerus selama jangka waktu panjang bisa membuat seseorang terkena masalah perut dan usus.

3. Stres dan cemas

Jika merasa sakit terus menerus membuatmu stres, bisa jadi ini adalah lingkaran setan. Hal ini disebabkan stres dan cemas telah dikenal dapat memicu mual. Ahli penyakit dalam Dr Randy Wexler menyebutkan karena saat stres, otak kita memberitahu saraf di usus untuk mulai berkontraksi sama hal saat sedang ada makanan.

Kontraksi tersebut nantinya dapat berdampak pada ritme usus, menyebabkan bagian dalam tubuhmu bingung dan merasa tidak enak. Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba memakan makanan sehat yang ringan di pagi hari untuk meminimalisir beban di usus, dan berusaha tidur nyenyak.






Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)