Jumat, 10 Jan 2020 11:00 WIB

Peneliti Buktikan Teh Hijau Jadi yang Terbaik Agar Awet Muda

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Teh hijau bermanfaat. Foto: iStock
Jakarta - Teh hijau dikenal lama akan manfaatnya bagi kesehatan, terutama karena kandungan antioksidannya. Kini peneliti menyebutkan bahwa di antara semua teh, teh hijau adalah yang terbaik jika ingin terlihat awet muda dan panjang umur.

Hal ini menurut sebuah studi baru yang dilakukan oleh para peneliti dari Chinese Academy of Medical Sciences. Mereka menemukan peminum teh yang terbiasa meminumnya setidaknya tiga kali atau lebih seminggu, memiliki hidup yang lebih panjang dan sehat ketimbang yang tidak meminumnya rutin dan hanya ditemukan pada teh hijau.


Untuk mendapatkan kesimpulannya, mereka menganalisis 100.902 peserta asal China tanpa riwayat serangan jantung, stroke, maupun kanker. Mereka dibagi menjadi dua kelompok, menjadi yang minum teh tiga kali atau lebih per minggu, dan mereka yang minum kurang dari tiga kali seminggu, diteliti selama 7 tahun.

Pada akhirnya, mereka menemukan bahwa peminum teh rutin memiliki risiko terkena serangan jantung dan stroke sebanyak 20 persen, dan 22 persen penurunan risiko terkena penyakit jantung dan stroke, demikian dilaporkan situs Fox News.

Lalu mengapa teh hijau lebih bermanfaat ketimbang teh lainnya? Penulis senior Dr Dongfeng Gu dari Chinese Academy of Medical Sciences menyebutkan dalam sebuah pernyataan bahwa teh hijau kaya akan polifenol, yakni mikronutrien yang melindungi dari penyakit kardiovaskular dan faktor risikonya termasuk tekanan darah tinggi dan dyslipidemia.

"Dalam studi kami, 49 (persen) peminum teh rutin lebih sering mengonsumsi teh hijau, sementara hanya 8 (persen) yang memilih teh hitam," tandas Dr Gu.



Simak Video "Rahasia Luna Maya Selalu Tampil Awet Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/up)