Jumat, 10 Jan 2020 12:31 WIB

Manfaat Lain Kumur Air Garam

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selain sakit gigi, kumur air garam bisa redakan sakit tenggorokan. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Saat dengar kata air garam biasanya sering dikaitkan dengan pereda sakit atau pengobatan pasca cabut gigi. Orang dulu bilang dengan kumur air garam bisa menyembuhkan permasalahan tersebut.

Dikutip dari laman Times of India, ternyata kumur dengan air garam juga bisa membantu mengatasi peradangan dan sakit di tenggorokan lho. Air garam ini bisa kamu jadikan salah satu pilihan obat rumahan yang mudah didapat, alami, dan lebih efektif.

Ketika kamu berkumur, terjadi efek osmosis yang disebabkan oleh garam dan mengangkat cairan yang ada di tenggorokan. Larutan air garam ini akan memecah lendir serta membersihkan tenggorokan dengan menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur. Ini juga bisa menghilangkan patogen berbahaya dari gusi dan mencegah perkembangannya.

Bagaimana caranya?

Campurkan setengah sendok teh garam dapur ke dalam segelas air hangat dan aduk merata. Ambil seteguk besar air garam ke dalam mulut, miringkan kepala dan kumur selama 30 detik. Jangan lupa gerakkan air ke sekitar mulut, kemudian buang. Ulangi sampai 5-7 kali.

Jika mengalami sakit tenggorokan, radang, sakit gigi, dan gusi, kamu bisa lakukan ini setidaknya 2 kali sehari. Perlu diingat, pastikan air yang digunakan tidak terlalu panas. Selain itu, jangan gunakan garam yang berlebih karena akan membuat jaringan mulut dan tenggorokan kamu kering.

Beberapa manfaat lain dari kumur air garam adalah sebagai berikut:

1. Meredakan masuk angin, sakit tenggorokan, peradangan, dan infeksi sinus.

2. Mengurangi rasa sakit karena pendarahan pada gusi.

3. Menetralkan asam di mulut dan menjaga keseimbangan pH yang bisa membantu mencegah terjadinya radang gusi.

4. Melindungi penyebaran infeksi jamur di mulut dan tenggorokan.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)