Jumat, 10 Jan 2020 13:32 WIB

Generasi Milenial Harus Waspada 10 Penyakit Ini

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
10 penyakit yang mengintai generasi milenial. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Generasi milenial sering kali dituntut untuk produktif, kreatif, bahkan melek terhadap teknologi masa kini. Kaum milenial saat ini juga suka terhadap hal-hal baru, seperti pengalaman, mencoba makanan, dan sebagainya.

Namun, dibalik itu semua ada beberapa penyakit yang bisa mengintai para generasi milenial ini, mulai dari hipertensi hingga gangguan kejiwaan seperti depresi. Berdasarkan hasil studi dari Blue Cross Blue Shield (BCBS), milenial saat ini lebih mudah terserang penyakit dibandingkan generasi sebelumnya.

Menurut studi tersebut juga menemukan bahwa generasi milenial mulai mengalami penurunan kesehatan di usia 27 tahun. Berikut ini 10 penyakit yang bisa mengancam kaum milenial yang dikutip dari BCBS.


1. Depresi

Berdasarkan studi yang dilakukan pada generasi milenial di Amerika Serikat (AS), menunjukkan depresi menjadi masalah kesehatan utama pada generasi milenial. Ini bisa terlihat dari ramainya pengakuan diri kaum milenial tentang gangguan jiwa ini. Masalah yang menyebabkannya bisa karena pekerjaan, asmara, keuangan, gaya hidup, bahkan keluarga bisa membuat depresi semakin meningkat.

2. Penggunaan narkoba

Penggunaan narkoba di kalangan milenial juga meningkat. Rasa ingin tahu yang besar membuat generasi milenial terdorong untuk mencoba hal baru, termasuk narkotika atau narkoba ini. Efek narkoba pada tubuh sendiri bisa merusak saraf, otak, menyebabkan halusinasi, hingga kematian.

3. Konsumsi alkohol

Tidak jarang banyak kasus kalangan milenial di usia sekolah pun sudah mencoba minuman beralkohol. Para generasi milenial sering menjadikan alkohol sebagai pelepas stres yang sedang dihadapinya. Terlalu sering mengkonsumsinya, bisa menyebabkan adiksi atau kecanduan yang harus dipenuhi.

4. Hipertensi

Hipertensi atau darah tinggi juga mengintai kesehatan para milenial. Biasanya ini disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat dan bisa menyebabkan resiko penyakit jantung hingga stroke.

5. Hiperaktif

Kebanyakan generasi milenial sering bergerak terlalu aktif hingga tidak memiliki waktu yang banyak untuk istirahat. Akibat kesibukannya, bisa membuat mereka rentan mengalami kelelahan bahkan depresi.
Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "RSUD Banjar Layani Penyakit Jantung Peserta BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]