Jumat, 10 Jan 2020 14:15 WIB

Dear Wanita, Ini 6 Arti Warna Darah saat Menstruasi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Warna darah saat menstruasi bisa menunjukkan kondisi kesehatan. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta - Darah yang keluar saat menstruasi pada umumnya memang berwarna merah menyala. Namun, apa yang terjadi jika warna darah menstruasi berubah menjadi merah muda, atau bahkan cenderung berwarna hitam?

Jika menghadapi kondisi ini, ada baiknya kamu mulai memerhatikan warna darah menstruasimu. Mengapa? Sebab bisa jadi itu adalah tanda adanya masalah kesehatan. Mengutip Medical News Today, faktanya kondisi kesehatan wanita bisa dilihat dari perubahan darah saat menstruasi.

Ini kondisi kesehatan yang perlu diwaspadai, dilihat dari warna darah saat menstruasi:

1. Darah cokelat
Tak perlu khawatir jika warna darah menstruasimu berwarna cokelat. Darah menstruasi berwarna cokelat menjadi tanda bahwa siklus menstruasi akan segera berakhir.

2. Oranye
Darah menstruasi berwarna merah cenderung oranye harus diwaspadai. Kondisi ini bisa jadi tanda infeksi bakteri atau infeksi menular seksual. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat jika mengalami kondisi ini.

3. Abu-abu
Darah menstruasi berwarna keabu-abuan seperti hitam? Segara hubungi dokter, karena bisa jadi kamu terkena infeksi rahim. Darah berwarna abu-abu kehitaman ini bisa jadi tanda infeksi yang disertai dengan gejala lain, gatal di daerah miss V, demam, dan nyeri.

4. Darah hitam
Darah menstruasi berwarna hitam memang terlihat menyeramkan. Namun, itu adalah hal yang wajar. Serupa dengan darah berwarna cokelat, darah menstruasi berwarna hitam menjadi tanda bahwa siklus menstruasi akan segera berakhir. Darah haid berwarna hitam merupakan darah lama, atau darah menstruasi yang tersisa.


5. Merah muda
Darah menstruasi berwarna merah muda, biasanya muncul pada masa awal menstruasi, menjelang siklus berakhir. Salah satu kondisi yang bisa ditandai dengan darah menstruasi merah muda adalah rendahnya kadar estrogen di dalam tubuh. Darah merah muda yang keluar mungkin juga adalah lokia, yaitu darah nifas yang umumnya keluar selama beberapa waktu setelah wanita melahirkan.

6. Merah menyala
Darah menstruasi berwarna merah menyala menunjukkan siklus menstruasi yang lancar. Namun, hati-hati jika selama satu periode menstruasi warnanya tak kunjung berubah. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya infeksi seperti gonorrhea, hingga gejala fibroids. Keluarnya darah berwarna merah menyala juga bisa menjadi tanda awal kehamilan.



Simak Video "Menelisik soal 'Darah Indonesia' yang Heboh Gara-gara Agnez Mo"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)