Jumat, 10 Jan 2020 16:59 WIB

Wajah Asli Vs Oplas, Bagaimana Membedakannya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pramugari Garuda, SIwi Widi mengaku operasi plastik. (Foto: Pramugari Siwi polisikan akun @digeeembok Jefrie/detikcom)
Jakarta - Pramugari Garuda Siwi Widi Purwanti atau yang lebih dikenal Siwi Sidi mempolisikan akun Twitter @digeeembok setelah dituding menjadi gundik salah satu petinggi Garuda. Penampilan Siwi Sidi saat jumpa pers di kantor kuasa hukumnya Elsa Syarief di Menteng, Jumat (10/1/2020) bikin gagal fokus netizen.

Netizen di internet ramai membicarakan perbedaan wajah asli dengan foto di Instagram Siwi Sidi. Dalam jumpa pers tersebut, Siwi mengakui tentang operasi plastik yang telah dijalaninya.

Memangnya bagaimana ya cara membedakan wajah asli dengan operasi plastik?

Wajah operasi plastik dengan asli memang memiliki perbedaan. Bahkan, beberapa di antaranya bisa dilihat dengan jelas.


Seperti dikutip dari CBSNews, Dr Anthony Youn, seorang ahli bedah kosmetik di Troy, Michigan menjelaskan 8 ciri orang melakukan operasi plastik. Apa saja?

1. Lihatlah ke telinga
Cobalah berbisik dan amati telinganya, karena tidak ada operasi plastik wajah yang tidak meninggalkan bekas luka di telinga. Kadang-kadang transisi kulit dari telinga terlihat jelas atau ada kulit menebal akibat bekas luka.

2. Memiliki wajah 'tampak jahat'
Jika seseorang sebelumnya terlihat baik, lalu tiba-tiba memiliki wajah seperti orang marah maka ada kemungkinan hal tersebut akibat botox. Suntikan botox di dahi bisa mendistorsi alis, Dr Youn menyebutnya dengan wajah 'tampak jahat'. Hal ini bisa diperbaiki oleh suntikan lagi di atas alis.

3. Kulit awet kencang
Dr Youn menuturkan hampir semua orang yang berusia di atas 60 tahun memiliki beberapa kulit kendur atau kulit melipat di kelopak mata atas. Jadi kalau ada orang yang matanya bisa tertutup dan terbuka dengan lebar, maka kemungkinan ia sudah melakukan operasi plastik.

4. Seperti ada kismis di telinga
Selama operasi face lift (pengencangan wajah), terkadang ahli bedah melepaskan daun telinga dari wajah dan menarik kulit dengan ketat kemudian memasang kembali daun telinga tersebut. Jika tidak dilakukan dengan benar, maka akan ada kerutan kecil seperti kismis di bagian telinga tersebut. Untuk memperbaikinya perlu pembedahan kembali.


Selanjutnya
Halaman
1 2