Minggu, 12 Jan 2020 05:00 WIB

Bisa Menimpa Pria maupun Wanita, Ini Dampak Kekerasan Seks bagi Kejiwaan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Kekerasan seks memberikan dampak sangat buruk pada fisik maupun mental (Foto: shutterstock)
Jakarta - Kekerasan seksual bisa terjadi pada siapa saja, baik perempuan maupun laki-laki. Kasus terbaru, Reynhard Sinaga memperkosa 48 pria di Inggris dan menjadikannya 'predator' paling buas di negara tersebut.

Korban kekerasan seks tak hanya mengalami dampak secara fisik melainkan juga kejiwaan. Spesialis kejiwaan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Gina Anindyajayati, SpKJ mengatakan bahwa korban kekerasan seksual akan mengalami trauma hingga depresi akut.

"Gejala kecemasan hingga depresi seperti adanya rasa tidak berdaya yang demikian hebat, sehingga dia berpikir bahwa saya tidak lagi pantas untuk hidup itu juga mungkin," kata dr Gina saat ditemui detikcom, di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).



dr Gina juga menjelaskan, ketika seseorang sudah tidak percaya pada dirinya sendiri, maka perlu dilakukannya pendampingan.

Pendampingan ini bisa dilakukan oleh siapa saja, tergantung dari tingkat kecemasan yang dialami korban.

"Tetapi ada yang berkembang hingga mengalami gangguan jiwa atau dia membutuhkan psikoterapi tingkat lanjut itu (harus) dilakukan oleh psikiater," pungkasnya.



Simak Video "Ramai Soal Reynhard Sinaga, Ini Ciri-ciri Predator Seks"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)