Minggu, 12 Jan 2020 16:20 WIB

Hal yang Harus Diingat Jika Pakai Spons Jaring Saat Mandi

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Hal yang perlu diingat memakai spons jaring saat mandi. Foto ilustrasi: iStock
Jakarta - Sebagian orang mungkin biasa menggunakan spons jaring yang beraneka ragam atau loffa untuk mandi. Fungsinya adalah untuk mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada tubuh kita. Tapi, ternyata sering menggunakannya juga malah banyak ruginya lho.

Saat menggunakan spons jaring untuk membersihkan tubuh, kotoran dan sel kulit mati akan terperangkap di dalam tenunan halus spons tersebut. Jadi, setiap kali spons itu basah, banyak bakteri atau kuman yang tumbuh di dalamnya. Akhirnya bakteri tersebut akan balik lagi ke tubuh kamu.

Dikutip dari Times of India, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Microbiology menemukan bahwa spons jaring bisa menularkan bakteri yang menyebabkan infeksi. Itu akan membahayakan sistem kekebalan tubuh orang yang memakainya, sehingga daya tubuhnya bisa melemah dan rentan sakit.


Bagaimana mencegahnya?

Jika kamu memang tidak bisa lepas dari pemakaian spons jaring ini, kamu bisa menjaganya agar tetap kering setelah dipakai. Untuk mencegah berkembang biaknya bakteri, jangan tinggalkan spons di dalam kamar mandi setelah dipakai.

Gantung di suatu tempat yang berada di bawah sinar matahari atau tempat yang ada aliran udaranya. Ini berfungsi untuk menjaganya agar tetap kering. Jika spons atau loofa sudah berubah warna hingga mengeluarkan bau yang tidak sedap, segera buang dan ganti yang baru.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)