Senin, 13 Jan 2020 07:31 WIB

WHO Sebut Penyakit Misterius di China Disebabkan oleh Virus Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wabah pneumonia 'misterius' di China membuat negara lain di Asia ikut waspada (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Lebih dari 50 orang telah terinfeksi. Tujuh di antaranya sedang dalam kondisi kritis.

Penyakit misterius di China tidak hanya membuat masyarakatnya khawatir, tapi juga pejabat kesehatan di seluruh dunia sedang dalam keadaan siaga.

Sampel virus telah diambil dari pasien dan dianalisis di laboratorium. Pejabat kesehatan di China dan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO telah menyimpulkan bahwa infeksi penyakit seperti pneumonia tersebut adalah virus corona.

Coronavirus adalah sebuah virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan seperti flu biasa hingga penyakit parah seperti SARS atau Severe Acute Respiratory Syndrome dan MERS-CoV. Penyakit ini disebut sangat berbahaya karena tingkat kematiannya yang tinggi.


"Ketika muncul virus corona, kita ingin tahu seberapa parah gejalanya. Ini lebih dari sekadar flu dan itu merupakan kekhawatiran meski tidak separah SARS," kata peneliti Prof Mark Woolhouse, dari University of London. Edinburgh dikutip dari BBC.

Selain merawat pasien dalam isolasi khusus, pejabat kesehatan China juga tetap fokus pada kontak lanjutan seperti pengecekan lingkungan di pasar dan makanan laut untuk mengidentifikasi patogen yang menyebabkan wabah.

Saat ini, WHO terus memantau situasi dengan seksama dan, bersama dengan para mitranya di seluruh dunia, siap memberikan dukungan kepada China untuk menyelidiki dan menanggapi wabah ini.



Simak Video "AS 'Nyerah' Kendalikan Corona, WHO: Itu Bahaya!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)