Senin, 13 Jan 2020 09:30 WIB

Seberapa Berbahaya Virus Corona di Balik 'Penyakit Misterius' di China?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wabah pneumonia misterius yang disebabkan oleh virus corona menggemparkan China (Foto: iStock) Wabah pneumonia 'misterius' yang disebabkan oleh virus corona menggemparkan China (Foto: iStock)
Jakarta - Otoritas kesehatan di China telah menyimpulkan penyakit misterius yang meninfeksi puluhan orang di negara tersebut disebabkan oleh virus corona.

Virus corona dapat menyebabkan gejala mulai dari flu ringan sampai kematian. Virus baru dapat terdeteksi setiap saat.

Mengutip WebMD, infeksi virus corona dapat menyebabkan demam, batuk, dan sesak napas sehingga sangat berbahaya pada lansia atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau sedang terinfeksi penyakit lain. Dalam kasus yang parah, infeksi ini dapat menyebabkan gagal pernapasan dan terkadang gagal ginjal.

Virus ini disebarkan oleh hewan dan mampu melompat dari satu spesies ke spesies lainnya bahkan manusia. Kasus di China telah dikaitkan dengan Pasar Grosir Makanan Laut Cina Selatan, di Wuhan.


Beberapa hewan mamalia laut memang bisa membawa virus coronavirus seperti paus Beluga namun pasar juga memiliki hewan liar termasuk ayam, kelelawar, kelinci, ular, yang lebih cenderung menjadi sumbernya.

Meski belum ada kasus baru yang dilaporkan, pemerintah di seluruh dunia tetap waspada sebab virus itu dapat disebarkan oleh ratusan juta orang yang bepergian untuk Tahun Baru Imlek akhir bulan ini.

"Sangat baik bahwa kita belum melihat ekspansi dalam kasus. China menanggapinya dengan serius dan harusnya bisa teratasi. Kita harus menunggu dan melihat," sebut dr Josie Golding dari
Kesehatan global dan pencegahan Epidemi, mengutip BBC.



Simak Video "Taiwan Desak China Beberkan Detail Wabah Virus Korona Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)