Senin, 13 Jan 2020 12:40 WIB

Sering Sakit Kepala Tiap Ganti Kacamata Baru? Begini Penjelasannya

Nurul Khotimah - detikHealth
Sakit kepala saat berganti lensa kacamata (Foto: ilustrasi/thinkstock) Sakit kepala saat berganti lensa kacamata (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Seseorang yang terbiasa menggunakan kacamata terkadang menjadi nyaman dengan kacamata lamanya. Tidak peduli sudah usang atau tak begitu trendi beberapa dari kita tetap menggunakannnya. Ketika mulai menggantinya dengan yang baru, beberapa orang mungkin akan merasakan sakit kepala.

Dikutip dari Times of India, ini terjadi karena setiap pergantian kacamata biasanya otot-otot mata akan menyesuaikan diri sesuai dengan lensanya.

Namun saat spesifikasi kacamata diubah, mata membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lensa baru. Otot-otot yang tidak langsung beradaptasi biasanya akan memberi tekanan dan menyebabkan kepala terasa lebih sakit saat memakai kacamata baru.



Selain itu, beberapa orang yang pakai kacamata baru juga mengalami rasa sakit di mata. Kondisi ini biasanya terjadi ketika ada kondisi tidak normal.

Sakit kepala dan nyeri pada mata dapat dikatakan normal selama tidak lebih dari seminggu. Jika lebih dari tujuh hari masih sakit itu berarti tidak normal dan kamu perlu memeriksakan ke dokter, terutama kalau disertai pusing. Dalam banyak kasus bingkai kacamata, resep yang terlalu kuat atau kurang juga membuat situasi semakin buruk.

Untuk itu kamu bisa mulai menyesuaikan matamu dengan cara tetap memakai kacamata baru selama 3-4 jam di awal kemudian pakai lagi kacamata yang lama. Lakukan langkah ini selama seminggu. Setelah itu mata akan menyesuaikan dengan kacamata baru dan mudah menggunakannya sepanjang hari.



Simak Video "Tips Atasi Mata Minus dan Silinder pada Anak Balita"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)