Senin, 13 Jan 2020 13:55 WIB

Ini 6 Langkah Pasang Behel Gigi Supaya Mulut Jadi Rapi

Firdaus Anwar - detikHealth
Behel gigi atau kawat gigi dipasang dalam beberapa langkah. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Pasang behel gigi atau disebut juga kawat gigi biasanya dilakukan dalam rangka perawatan ortodonti. Gunanya supaya mulut jadi lebih sehat dan tampak rapi.

Bagi kamu yang memiliki masalah seperti gingsul, pasang behel gigi mungkin bisa jadi pilihan. Namun sebelum memutuskan untuk pasang behel gigi sebaiknya ketahui dulu langkah-langkah yang harus dijalani supaya hasilnya juga maksimal.

drg Ahmad Syaukani, SpOrt, dari Estetika Dental Clinic menjelaskan berikut tahap yang biasa dijalani bila seseorang ingin memasang behel gigi:


1. Pilih dokter gigi kompeten

Langkah pertama adalah menentukan tempat yang melayani pemasangan behel gigi. Pria yang akrab disapa drg Kani ini menyarankan agar masyarakat benar-benar kritis jangan mudah tergiur dengan harga dan beragam promosi. Disarankan menjadi dokter gigi spesialis ortodonti terpercaya.

"Masyarakat harus kritis dalam menentukan tempat perawatan ortodonti kawat gigi atau behel. Tidak sekadar asal pilih serta mengikuti rekomendasi orang terdekat atatupun orang lain. Seorang Ortodontis telah melalui pendidikan minimal 3 tahun untuk mendalami ilmu perawatan ortodonti, jadi tidak hanya dari kursus beberapa hari atau bulan," kata drg Kani.

2. Konsultasi

Sebelum pasang behel gigi konsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait tentang masalah apa saja yang kamu hadapi. Dalam tahap ini dokter akan menjelaskan pilihan perawatan yang bisa ditempuh, lama perawatan, dan biayanya.

3. Rontgen dan cetak gigi

Agar pemasangan behel gigi sesuai seorang pasien akan diminta menjalani cetak gigi dan rontgen. Gunanya supaya dokter bisa mempelajari kondisi gigi pasien.

4. Prapasang

Pasien yang memiliki masalah kesehatan gigi lainnya seperti karang gigi, gigi berlubang, atau gusi berdarah akan diberi perawatan terlebih dahulu sebelum behel gigi dipasang.

5. Pemasangan

Gigi pasien akan dipasang alat behel gigi yang terdiri atas cincin gigi, karet, bracket, dan lain sebagainya.

"Di sini pasien juga akan mendapatkan pertimbangan apakah pemasangan bracket akan dilakukan sekaligus atas-bawah dalam satu waktu atau salah satu rahang didahulukan," kata drg Kani.

6. Perawatan

Proses merapikan gigi dengan behel dapat memakan waktu sampai sekitar dua tahun. Selama behel gigi dipakai seorang pasien jangan malas melakukan perawatan dan kontrol minimal satu bulan sekali.



Simak Video "Ini Dia Rapor Merah Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)