Senin, 13 Jan 2020 14:52 WIB

Ini Suhu Normal Bayi dan Cara Mengukurnya dengan Benar

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Suhu tubuh bayi dapat diukur dengan beberapa cara. (Foto: iStock)
Jakarta - Sebuah penelitian baru yang dilakukan pada 35 ribu orang Inggris menyimpulkan suhu normal tubuh manusia saat ini berubah. Jika dulu selalu disebut 37 derajat celsius, saat ini lebih dingin dari sebelumnya yaitu 36,6 derajat celsius.

Hasil ini didapat dari rata-rata 250 ribu pengukuran secara oral atau melalui mulut. Suhu tubuh pada manusia bisa ditentukan dari banyak faktor seperti aktivitas fisik, laju metabolisme, hingga infeksi dan penyakit. Jika itu pada manusia dewasa, lantas berapa suhu normal bayi?

dikutip dari Medical News Today, suhu normal bayi ternyata lebih tinggi daripada orang dewasa. Ini diukur dari suhu tubuh yang didapatkan dari ketiak dan telinga. Jadi, jika bayi badannya hangat bukan berarti dia demam.


Suhu bayi bisa lebih tinggi karena mereka memiliki luas permukaan tubuh yang lebih besar dibandingkan berat badannya dan jauh lebih aktif secara metabolik. Bayi juga tidak bisa mengatur suhu tubuh seperti orang dewasa. Saat hangat, bayi tidak berkeringat banyak dan sulit mendinginkan tubuh saat demam.

Suhu normal bayi usia 0-2 tahun berkisar 36,5 hingga 37 derajat celsius. Pada bayi yang baru lahir, suhu normalnya lebih tinggi yaitu 39,5 derajat celsius. Kenaikan suhu tubuh bayi mungkin bisa terjadi saat tumbuh gigi atau pasca imunisasi.

Untuk memastikan demam atau tidak, perlu diukur menggunakan termometer. Bayi dianggap demam saat suhu tubuhnya meningkat hingga lebih dari 38 derajat celsius bila diukur dari dubur (suhu rektal), 37,5 derajat celsius dari mulut, atau diukur dari ketiak sebesar 37,2 derajat celsius.


Saat demam atau terinfeksi sesuatu, suhu tubuh bayi yang berusia 3 bulan atau lebih muda bisa diukur melalui dubur dengan suhu mencapai 38 derajat celsius. Jika sudah setinggi itu, segera bawa ke dokter untuk mendapat obat penurun panas pada bayi yang tepat.

Untuk menentukan suhu tubuhnya normal atau tidak, kamu bisa mengukurnya dari bagian mulut, ketiak, telinga, dan dubur. Untuk mengukurnya, gunakan termometer dan diamkan selama 5 sampai 10 menit.

1. Pada mulut, normalnya dari 35,5 - 37.5 derajat celsius.

2. Pada ketiak, suhu normal bayi berkisar dari 34,7 - 37,3 derajat celsius.

3. Pada telinga, suhu normal sekitar 36,4 - 38 derajat celsius.

4. Pada dubur, suhu normalnya sekitar 36,6 - 38 derajat celsius.



Simak Video "Viral Dokter Ragukan Termometer Tembak, Banyak yang Alami Serupa"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)