Senin, 13 Jan 2020 17:45 WIB

Antraks di Gunungkidul Bisa Menular ke Manusia, Kenali Jenis Infeksinya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jenis infeksi antraks pada tubuh manusia. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Merebaknya kasus antraks di Kabupaten Gunungkidul, Desa Gobang, Kecamatan Pojong ternyata menyebar ke manusia. Kepala Balai Besar Veteriner Wates, drh Bagoes Poermadjaja, MSc, berpendapat ini terjadi karena adanya pemasukan hewan ternak baru dan konsumsi daging ternak yang sakit jadi penyebab penyebarannya ke manusia.

"Dinas Kesehatan juga melakukan pengambilan sampel berupa tanah tempat terjadinya kasus dan sampel luka pada kulit manusia yang diduga terpapar penyakit ini," tambahnya.

Saat tubuh manusia terpapar bakteri antraks, ada 3 jenis infeksi yang bisa terjadi. Di kebanyakan kasus, ini akan terlihat 7 hari setelah paparan. Dikutip dari Mayo Clinic, sebagai berikut:


1. Antraks kulit

Pada kulit, bakteri antraks masuk ke tubuh melalui luka yang ada pada kulit. Ini yang paling sering terjadi jika terpapar antraks. Tapi, jenis ini paling ringan dan jarang berakibat fatal. Tanda dan gejalanya ada benjolan besar dengan warna hitam di bagian tengah, gatal, tidak sakit, dan terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening.

2. Anthrax gastrointestinal

Infeksi ini terjadi setelah mengkonsumsi daging dari hewan yang terinfeksi antraks. Tandanya seperti mual, muntah, sakit perut, pusing, selera makan hilang, demam, diare sampai berdarah, sakit tenggorokan, dan terjadi pembengkakan leher.

3. Anthrax inhalasi (paru)

Antraks inhalasi bisa terjadi saat manusia menghirup udara yang terkontaminasi spora antraks. Jenis ini yang paling mematikan, bisa menular, dan sering berakibat fatal. Gejalanya mirip seperti flu, yaitu sakit tenggorokan, demam, nyeri otot, lemas, sesak napas, mual, batuk darah, dan sakit saat menelan.

Tapi, jika penyakit ini tidak segera diobati, akan muncul gejala lain seperti demam tinggi, sulit bernapas, syok, bahkan meningitis atau radang otak dan sumsum tulang belakang yang bisa menyebabkan kematian.




Antraks di Gunungkidul Bisa Menular ke Manusia, Kenali Jenis Infeksinya


Simak Video "Viral Video Paru-paru Jadi Hitam karena Merokok Puluhan Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)