Senin, 13 Jan 2020 19:01 WIB

Rumah Bersih Belum Tentu Bebas DBD, Nyamuk Kerap Bersarang di Tempat Ini

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Waspada nyamuk demam berdarah di musim hujan. (Foto: iStock)
Jakarta - Memasuki musim hujan, mulai waspadai penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Jika kamu percaya rumah bersih aman dari terjangkitnya DBD, ternyata hal itu sedikit keliru. Bukan berarti rumah yang bersih, tidak berisiko terjangkit DBD, lho. Mengapa bisa begitu?

Dalam disertasinya, Dr dr Rika Bur, SpPD-KPTI dari Rumah Sakit Umum Yarsi menegaskan, rumah yang bersih tetap berpotensi terjangkit penyebaran penyakit DBD.

"Belum tentu, karena yang penting nggak ada genangan air. Kan bisa dari genangan di kulkas, dari pot-pot bunga, kan bisa berisiko untuk berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk DBD itu," jelasnya saat ditemui detikcom, Senin (13/1/2020).


Maka dari itu, dr Rika menegaskan, yang perlu dihindari dari penyebaran risiko DBD adalah genangan-genangan air yang ada di sekitar lingkungan. Menurutnya, genangan itu yang menjadi fokus pencegahan penyakit DBD. Sesegera mungkin harus dibersihkan.

Bila kondisi rumah sudah terbebas dari genangan air, pencegahan selanjutnya bisa dengan pemakaian lotion anti nyamuk, dan tanaman anti nyamuk.



Simak Video "dr. Reisa Ingatkan Bahaya DBD di Tengah Pandemi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)