Senin, 13 Jan 2020 20:06 WIB

Benarkah DBD Bisa Menular Lewat Hubungan Seks? Ini Kata Ahlinya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Satu kasus yang dilaporkan perlu diteliti lebih jauh untuk memastikan DBD bisa menyebar lewat seks. (Foto: Thinkstock) Satu kasus yang dilaporkan perlu diteliti lebih jauh untuk memastikan DBD bisa menyebar lewat seks. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sempat heboh soal penyebaran DBD yang disebut menular melalui hubungan seksual. Kasus ini ditemukan di Madrid, Spanyol. Seorang pria 41 tahun tertular penyakit DBD setelah melakukan hubungan seksual dengan pacarnya, yang memang terinfeksi DBD dalam perjalanan, begitu tulis situs New Straits Times.

Menanggapi hal ini, Dr dr Rika Bur, SpPD-KPTI, dari Rumah Sakit Umum YARSI ikut memberi komentar terkait penularan DBD melalu hubungan seksual.

"Ya memang ada jurnal terbaru ya penelitiannya seperti itu, tetapi untuk memastikannya lagi kan diperlukan penelitian lebih lanjut, riset, dan lain sebagainya, agar penjelasan ilmiahnya jelas," jelasnya saat ditemui detikcom di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) Senin (13/1/2020).


Meski begitu, dr Rika berharap masyarakat lebih fokus terhadap beberapa pencegahan yang bisa dilakukan untuk menghindari DBD, karena mengingat sudah memasuki musim hujan.

"Tetapi intinya sebenarnya DBD ini kan bisa kita antisipasi pencegahannya dengan lebih baik, supaya tidak terjadi outbreak (meningkatnya kematian akibat DBD) karena kita kan termasuk daerah endemis ya," jelasnya.



Simak Video "Tanaman Alami Ini Bisa Mencegah Gigitan Nyamuk Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)