Selasa, 14 Jan 2020 09:30 WIB

5 Obat Asam Lambung: Mentimun hingga Kunyit

Tasya Awlia - detikHealth
Foto: iStock/5 Obat Asam Lambung: Mentimun hingga Kunyit Foto: iStock/5 Obat Asam Lambung: Mentimun hingga Kunyit
Jakarta - Asam lambung merupakan gejala maag, dengan kondisi lambung yang terkena luka atau peradangan. Pola makan yang tidak teratur menyebabkan perih di lambung.

Asam lambung menjadi penting dalam proses pencernaan makanan, dan dibutuhkan untuk mencerna makanan. Kebutuhan asam lambung harus normal, karena jika berlebihan akan menimbulkan penyakit asam lambung. Jika sudah terjadi, yang dibutuhkan adalah obat asam lambung yang aman dan alami untuk dikonsumsi.

Berikut Obat Asam Lambung Alami:



1. Mentimun

Mentimun bisa mengurangi rasa sakit yang diakibatkan asam lambung, jika dikonsumsi dengan teratur bisa menyembuhkan asam lambung.

Caranya, kupas dan buang biji timun lalu iris tipis memanjang, timun bisa dikonsumsi 2 potong setiap 2 jam. Mentimun juga bisa dicampur dengan bahan yang juga berkhasiat meredakan keasaman lambung, seperti youghurt, wortel, dan bawang putih mentah.

2. Baking Soda

Baking soda memiliki sifat basa, yang membantu menetralisir asam sehingga bisa digunakan sebagai obat tradisional asam lambung.

Caranya, sediakan 1 sendok teh baking soda dan campur dengan segelas air sampai laur. Ramuan ini bisa diminum secara rutin, sampai asam lambung sembuh.

3. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak manfaat, dan salah satunya adalah untuk meredam inflamasi yang terjadi di lambung akibat naiknya asam lambung.

Caranya jus lidah buaya, dan konsumsi ketika bangun tidur atau pagi serta malam hari sebelum tidur. Lidah buaya bisa menjadi obat asam lambung alami paling ampuh jika dikonsumsi dengan rutin.


Selanjutnya
Halaman
1 2